Lainnya

    Warga Maros Inisiasi Pengembangan Lorong Hijau

    Maros – reakspress.com – Menyikapi peningkatan volume sampah warga pada musim hujan, PT. Semen Bosowa Maros berinisiatif menyalurkan bantuan drum sampah.

    Puluhan drum diserahkan ke pengurus Satuan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Maros, pada Kamis (4/02/2021) di Lingkungan Tumalia, Kelurahan Adatongeng Kecamatan Turikalr, Kabupaten Maros.

    Kepada reaksipress.com, Ketua SAPMA PP Kabupaten Maros, Ahmad Takbir Abadi mengatakan bahwa rencananya drum yang diberikan oleh PT. Semen Bosowa akan dibuat menjadi kawasan lorong hijau.

    “Kami berinisiasi akan membuat ruang bebas sampah di Kecamatan Turikale dan semoga ini menjadi awal agar kiranya masyarakat semakin mengerti tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya, apalagi kita melihat di kawasan Tumalia sendiri ada banyak titik-titik yang sering dijadikan pembuangan sampah oleh masyarakat, padahal sudah ada baliho larangan buang sampah, ” jelas Takbir Abadi.

    Sementara, Wakil Sekretaris SAPMA PP Kabupaten Maros Bidang Lingkungan Hidup, Ketenagakerjaan dan Kebencanaan, Jumardi menuturkan tentang rancangan yang akan dibuat guna meminimalisir sampah yang semakin meningkat.

    “Rencananya lorong ini akan dijadikan sebagai role model percontohan lorong-lorong hijau di Kabupaten Maros. Sebetulnya sudah ada beberapa yang mencoba, tapi sempat redup. Kini kami coba kembangkan kembali, ” beber Jumardi.

    Menurut Jumardi, keterlibatan seluruh pihak diperlukan untuk menjaga kondisi lingkungan yang sudah mulai memperihatinkan.

    “Sudah seharusnya semua mengambil sikap, apalagi terkait sampah, bukan cuma tugas pemerintah saja, tapi juga masyarakat harus berupaya untuk mengurangi penggunaan limbah plastik agar lingkungan juga tak tercemar, ” Lanjut Jumardi yang akrab disapa Bobot.

    Diketahui, berdasarkan keterangan Kepala Seksi Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maros. Muhammad Yusri beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa selama musim hujan volume sampah yang diangkut perharinya bisa mencapai 50 Ton atau tergantung kondisi cuaca. Sedangkan di musim kemarau, hanya sekitar 40 sampai 45 Ton per hari.

    Laporan : Guntur

    Silahkan Berikan Tanggapan Anda

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    GP Ansor dan Pemateri Kamtibmas

    Opini - reaksipress.com - Selain pemateri dari TNI, Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) I GP Ansor Maros juga diisi dari Polri yang dilaksanakan di Pondok...

    Jalan Poros Barandasi Kembali Memakan Korban

    Maros - reaksipress.com - Pengerjaan jalan Poros Maros-Pangkep kembali memakan korban, dari pengakuan salah seorang warga, akibat kecelakaan tersebut ialah disebabkan oleh tidak adanya...

    Bersama Hidayatullah Langkat, BMH Gelar Syukuran Penggunaan Perdana Masjid Al-Fatah

    Nasional - reaksipress.com - Pondok Pesantren Hidayatullah bersama BMH menggelar kegiatan silaturrahim tokoh dan syukuran pemanfaatan perdana Masjid Al-Fatah, Ahad (21/2) di Desa Pekan...

    Jelang Pra Muscab, 14 Pimpinan DPAC Solid Dukung Havid Fasha Kembali Pimpin PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Menjelang pelaksanaan Pra Musyawarah Cabang Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Maros, Pimpinan Kecamatan atau Ketua Tandfiz Dewan...

    Bupati Maros Terpilih Hanya Menjabat 3,5 Tahun

    Maros - reaksipress.com - Hal yang harus diterima oleh Kepala Daerah terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, ialah masa jabatannya dipersingkat dengan kurun...

    Milad Pertama KPA Baterfly Maros

    Maros - reaksipress.com - Bertempat di Hutan Jati Pattunuang, Komunitas Pecinta Alam(KPA) Butterfly mengadakan Milad pertama pada Sabtu malam (20/02/2021). Rencansnya, kegiatan...