Lainnya

    BAWASLU Maros Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Maros – reaksipress.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maros, melaksanakan kegiatan pelatihan saksi bagi partai politik peserta pemilu, saksi calon DPD dan saksi calon presiden dan wakil presiden.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Town Hotel Mandai Maros, dibuka pada Senin (29/01/2024) dan akan ditutup pada Kamis (1/02/2024)

    Pada hari pertama selain oleh komisioner KPUD Maros yang menyampaikan materi tentang pelaksanaan pemungutan suara dan tugas tugas saksi, materi juga disampaikan oleh mantan Ketua Bawaslu Sulawesi Selatan periode 2018-2023, Dr. H.L. Arumahi, MH.

    Dalam penyamapaiannya, Arumahi mengatakan bahwa saksi TPS harus betul-betul memahami tugas dan fungsi sebagai orang yang mendapat mandat dari peserta pemilu untuk mengawal suara dan memastikan bahwa pelaksanaan pemungutan suara di TPS masing- masing berjalan sesuai dengan ketentuan.

    Sementara itu salah satu staf Bawaslu Maros menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan saksi bagi peserta pemilu 2024 merupakan amanah dari Pasal 351 ayat (8) Undang-undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum bahwa saksi peserta pemilu dilatih oleh Bawaslu.

    Sementara koordinator saksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Maros, Saiful Islam mengatakan bahwa pelatihan saksi ini sangat bermanfaat bagi peserta pemilu karena membantu dalam memberikan pencerahan bagaimana seharusnya seorang saksi bekerja di tempat pemungutan suara.

    “Kegiatan ini membantu kami dalam memberikan pengetahuan tentang bagaimana seharunya seorang saksi di bekerja TPS dan bagaimana mengawal suara PKB pada Pemilu 2024 nanti,” kata Saiful.

    Ia juga berharap kepada lima puluh saksi partai PKB yang hadir di Grand Town Hotel mandai untuk dapat menularkan ilmu yang didapatkan kepada saksi PKB lain yang belum mengikuti pelatihan serupa.

    Laporan : Amar  

    - Advertisement -

    © Copyright 2023, Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

    Kapolres Gowa Turun Langsung Atur Lalulintas Demi Kelancaran Arus Mudik

    Gowa - Reaksipress.com - Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., bersama...

    Kapolres Gowa Bersama PJU Pantau Arus Mudik Lebaran di Jembatan Kembar Sungguminasa

    Gowa - Reaksipress.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kapolres Gowa,...

    Kasus Pengadaan Bibit Kopi di Enrekang, Tiga Terdakwa Divonis Bebas Oleh Pengadilan

    Reaksipress.com — Maros — Tiga terdakwa dugaan korupsi pengadaan bibit kopi UPT Kesatuan Pengelolaan...

    Mengenal Definisi Digital Agency Dan Layanan Yang Diberikan

    Apa Itu Digital Agency ? Simak Penjelasannya Disini

    Penetapan Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan dan Pemasangan CCTV Pada 30 Kelurahan di Kabupaten Pangkep Pada Tahun 2022/2023

    Reaksipress.com — Maros — Sebagaimana yang telah disampaikan pada press release sebelumnya pada tanggal...

    Samsat Maros Update Perubahan Jadwal Pelayanan Perpanjangan Pajak STNK Selama Ramadhan

    Reaksipress.com — Maros — Unit Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Pemkab Maros) terus...