Lainnya

    Bupati Maros Hadiri Pesta Panen di Cenrana Baru

    spot_img
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Maros – reaksipress.com – Pemerintah Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros menggelar acara pesta panen, Ahad (26/06/2021)

    Acara yang dihadiri Bupati Maros, H.A.S. Chaidir Syam, M.M., dan Wakil Bupati Maros, Hj. Suhartina Bohari, S.E., diisi dengan berbagai atraksi dan kegiatan budaya.

    Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati disambut dengan tari Padduppa dan Aru’ yang berjalan di bawah ‘lellung’ (payung untuk bangsawan)

    Selain itu dalam acara yang rencananya akan menjadi agenda tahunan pemerintah Desa Cenrana, juga dilaksanakan kegiatan budaya ‘Mappadendang’ atau menumbuk padi muda menggunakan lesung dengan ritme tertentu.

    Sementara untuk para tamu dihidangkan ‘lemmang’ (lemang) yang dibakar langsung di lokasi acara.

    “Ada sekitar 800 buah lemang dengan panjang sekitar 70 meter yang merupakan partisipasi masyarakat di lima dusun di Cenrana Baru, kita bakar disini dan akan disuguhkan kepada seluruh tamu yang hadir,” Jelas Kepala Desa Cenrana Baru.

    Kepala Desa Cenrana Baru juga mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan sekarang merupakan tradisi yang telah lama dilakukan oleh para orang tua mereka.

    “Ini tradisi, cuma menurut warga hampir tiga puluh tahun tidak pernah lagi dilakukan dan hari ini kami akan memulai melestarikan warisan leluhur sebagai bentuk pelestarian budaya,” Pungkas Kepala Desa Cenrana Baru.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer