Lainnya

    Tolak Omnibus Law, Aliansi Mahasiswa Maros : Bentuk Penjajahan Gaya Baru

    Maros – reaksipress.com – Ratusan pemuda dan mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai aliansi pemuda mahasiswa menolak Omnibus Law, menggelar demonstrasi di perempatan patung adipura pusat kota Kabupaten Maros. Senin (16/3/2020). Dalam aksi demonstrasi ini, para peserta aksi menutup jalur trans Sulawesi.

    Koordinator aksi Aswar, menuturkan bahwa Omnibus Law merupakan undang-undang cipta kerja yang erat kaitannya dengan ketenagakerjaan, mendorong fleksibilitas kerja dimana sangat jauh berbeda dengan uu nomor 13 tahun 2003.

    “Di uu cipta kerja ini, semua jenis pekerjaan terbuka untuk sistem kontrak. Alih daya juga bisa berlaku pada semua lini,” katanya saat dijumpai disela-sela aksi.

    Omnibus Law juga diduga mengancam masyarakat adat, petani dan masyarakat kota yang selama ini berjuang untuk menjaga warisan sumber daya alam dan lingkungan.

    “Ini akan mempermudah perizinan pembangunan. Sehingga, tidak jarang maraknya kasus penjarahan lahan yang dilakukan oleh investor,” ujarnya.

    Selain itu, kehadiran Omnibus Law ini membuktikan bahwa sudah sejak lama pemerintah tutup mata dalam memberikan izin. Hal ini juga menjadi pemantik meningkatnya konflik agraria dan bencana ekologi.

    “Dari data yang kami dapat, khusus disektor lingkungan tercatat ada 302 konflik agraria sepanjang tahun 2017. Ini terjadi di 13 provinsi dan salah satunya adalah Sulawesi Selatan,” katanya.

    Lebih jauh ia menegaskan bahwa aksinya kali ini merupakan bentuk kecaman dan penolakan secara tegas terhadap upaya pemerintah dalam mengeksploitasi masyarakat.

    “Undang-undang cilaka ini harus ditolak. Ini bentuk penjajahan model baru yang sementara digodok oleh pemerintah,” tutupnya.

    Dalam aksi demonstrasi yang menutup jalan trans Sulawesi ini mengakibatkan kemacetan. Usai berdemonstrasi di sekitaran patung adipura Maros, massa kemudian bergerak melakukan long march menuju gedung DPRD Kabupaten Maros.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Nuranita, Perempuan Camba Yang Membawa Maros Hingga Tingkat Nasional

    Maros - reaksipress.com - Pemilihan Duta Kampus Tingkat Nasional tahun 2021 yang digelar di LPP Convention Hotel, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung...

    Gandeng UMKM, Layanan Polres Maros Akan Diantar ke Rumah

    Maros - reaksipress.com - Polres Maros dan UMKM jasa layanan kurir OM Maros menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di aula Mapolres Maros, Rabu (03/03/2021). Acara tersebut...

    Polres Maros Gelar Vaksin Covid-19 Tahap 2

    Maros - reaksipress.com - Sebanyak 50 personil Polres Maros mengikuti pencanangan vaksin Covid-19 tahap II yang digelar Polres Maros. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

    Solusi Dusun Pemasok Miras

    Opini - reaksipress.com - Pipinya basah, matanya memerah terlihat hatinya pilu. Menyaksikan sekiar 5 karung mirasnya ditumpah oleh supir yang mengangkut atas ...

    Nakes di Pulau Terluar Sulawesi Selatan Telah di Vaksin

    Pangkep - reaksipress.com - Sejumlah tenaga kesehatan dan unsur kantor desa di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan kembali mendapatkan dosis Vaksin jenis...

    Gegara Pandemi, TWA Bantimurung Rugi 6 Miliar

    Maros - reaksipress.com - Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Maros. Meski demikian, selama Pandemi Covid-19, PAD...