Lainnya

    Mahasiswa Unsulbar kenalkan Brownis Mangrove Di HEI-Fest

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Makassar.Sulsel – reaksipress.com – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) pamerkan Brownis Mangrove Mampir (Browman) pada kegiatan Hasanuddin Entrepreneur and Innovator Festival (HEI-Fest) 2018, di pelataran kantor rektorat Unhas.

    Kegiatan yang diikuti sebanyak 8 tenant inovasi dan 30 tenant UMKM ini merupakan upaya Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis (UPKB) Unhas untuk mendongkrak inovasi ekonomi rakyat.

    Salah satu tenant inovasi yang diundang yakni Unsulbar yang telah melahirkan sebuah inovasi yakni Brownis Mangrove Mampir (Browman).

    Tim Browman yang dikoordinatori oleh Suparjo Razasli Carong, S.Si., M.Sc (Dosen Kehutanan Universitas Sulawesi Barat) membawa dua produk inovasi hasil dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat DRPM RistekDikti yakni tepung mangrove dan produk turunannya brownies mangrove.

    Hasil inovasi produk ini berangkat dari permasalahan bahwa ekosistem mangrove yang berada di Mampie, Sulawesi Barat (Sulbar) mengalami penurunan kuantitas dan kualitas dari tahun ke tahun.

    Tentunya hal ini akan berakibat fatal bagi keberlangsungan ekosistem pesisir. Menyadari hal tersebut, diperlukan satu konsep penyadaran bagi masyarakat bahwa mangrove sangat penting keberadaannya.

    “Mangrove bukan hanya potensi biologinya saja tetapi juga memiliki potensi ekonomoinya. Potensi ekonomi tersebut yang diperkenalkan kepada masyarakat, sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan kesadaran bagi masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan mangrove,” ujar Suparjo yang akrab disapa Ujo. Kamis (15/11/2018).

    Lanjut Ujo, bahwa pihaknya kini telah melakukan upaya-upaya pengembangan terhadap produk tersebut dengan memberdayakan masyarakat,”Tim PKM Unsulbar yang bekerjasama dengan Rumah Penyu (Yusri) dan stakeholder Desa Galeso dalam pengolahan mangrove menjadi tepung dan produk Browman,” katanya.

    Pada HEI-Fest 2018 Unhas ini menghadirkan beberapa item kegiatan antara lain Business Matching, Coaching Business, Inspiring Talkshow, Innovation Talkshow, Digital Marketing, dan Exhibition.

    Paling Sering Dibicarakan  Desk Pilkada PKB, Buka Pendaftaran Cakada Maros 2024

    Turut diketahui bahwa dalam kegiatan yang berlangsung tiga hari ini menghadirkan pembicara inspiratif seperti CEO Khalifah Istitute, CEO Gen Oil, Putri Indonesia Miss Sophie Paris dan lain sebainya.

    - Advertisement -

    © Copyright 2023, Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

    Chaidir Syam-Suhartina Bohari Daftar Bersama di PKB Maros

    Maros – reaksipress.com - Tim Pilkada  Chaidir Syam dan Suhartina Bohari mengambil Formulir di...

    Uang Komite, Momok Baru di Sekolah Negeri

    Pendidikan - reaksipress.com - Setiap akhir tahun pelajaran khususnya pelajar di tingkat akhir sekolah...

    Desk Pilkada PKB, Buka Pendaftaran Cakada Maros 2024

    Maros - reaksipress.com - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Maros,...

    PKB Sulsel Buka Pendaftaran Cakada 2024

    Desk Pilkada PKB Provinsi Sulawesi Selatan membuka pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) 2024...

    Kapolres Gowa Turun Langsung Atur Lalulintas Demi Kelancaran Arus Mudik

    Gowa - Reaksipress.com - Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., bersama...

    Kapolres Gowa Bersama PJU Pantau Arus Mudik Lebaran di Jembatan Kembar Sungguminasa

    Gowa - Reaksipress.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kapolres Gowa,...