Lainnya

    Terkait Hasil Survei SSI, Syafaruddin : Ada Upaya Penggiringan Opini Pilkada Curang Jika Paslonnya Kalah !

    Maros.reaksipress.com – Publik Maros ribut soal hasil survei yang dirilis oleh Script Survey Indonesia (SSI). Banyak kalangan mempertanyakan akurasi survei yang mengunggulkan pasangan calon (paslon) Chaidir Syam-Suhartina Bohari itu. Pasalnya, SSI hanya melibatkan 400 responden yang diwawancarai lewat sambungan telepon.

    Hal yang paling meragukan adalah metode pengambilan hasil yang tidak begitu jelas. Kemudian, langsung menetapkan keunggulan elektabilitas paslon nomor urut dua.

    Juru Bicara (Jubir) Maros Unggul Syafaruddin Ahmad, menilai lembaga Survei SSI memang patut menjadi bahan pertimbangan bagi warga Maros. Sabtu (7/11/2020).

    Mengingat, jejak rekam terkait akurasi SSI yang pernah meleset dan justru berbanding terbalik dengan apa yang disampaikannya ke publik pada pilkada Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2015 lalu. Hal itu menurutnya banyak di jumpai di berbagai pemberitaan media massa.

    Saat itu, hasil survey di lansir SSI menempatkan H.M Basli Ali-Zainuddin di posisi ketiga dengan elektabilitas hanya 18,7 persen jauh di bawah pasangan Syaiful Arif-Djunaedi dengan elektabilitas sekira 35,6 persen, lalu menyusul Aji Sumarno-Abdul Gani 25 persen.

    Sementara, keluar sebagai pemenang pada Pilkada Kabupaten Kepulauan Selayar saat itu, justru Basli Ali yang maju berpasangan dengan Zaenuddin. Hasil survei SSI meleset jauh.

    “Banyak bisa kita jumpai di berbagai media massa, dimana hasil survei SSI pada pilkada selayar di tahun 2015 lalu justru berbanding terbalik dengan apa yang di sampaikan ke masyarakat”. Jelasnya.

    Ia juga tidak memungkiri jika hasil survei dengan publikasi massif di media sosial yang disebarkan oleh tim paslon yang di unggulkan, berpotensi untuk menggiring opini pemilih swing voters dan yang belum menentukan pilihan (undecided voters) untuk menjatuhkan pilihan pada paslon yang di menangkan lembaga survei.

    “Waspada penggiringan opini dan alasan Pilkada curang jika paslon dukungannya kalah,” katanya.

    Tidak hanya itu kata dia, hasil survei juga berpotensi untuk di jadikan sebagai acuan tim kandidat tertentu mengklaim kemenangan, meski kandidat yang di usung kalah dalam perolehan suara nantinya.

    “Kita tidak pungkiri itu, hasil survey jelang pemilihan memang berpengaruh dan berpotensi menggiring atau membangun opini publik. Tapi kita patut waspada jika hasil survei yang dimenangkan paslon tertentu, justru kalah dalam perolehan suara di TPS nantinya. Bisa saja opini kecurungan kembali terjadi yang di bangun oleh kelompok tertentu”. Bebernya.

    Iya juga menjelaskan, transparasi terkait alasan suatu lembaga survei turun ke lapangan seharunya dapat di sampaikan ke publik, agar tidak menjadi buah bibir di berbagai lapisan masyarakat dan para pendung pasangan calon.

    “keberadaan lembaga survei sangat penting di momentum pemilihan, tapi tentu kita ingin adanya trasnparasi terkait alasan melakukan survei. Karena tentu publik bisa saja curiga, survei di gelar atas permintaan siapa, siapa yang danai (misalnya). Jangan sampai terkesan pesanan yang tentu berpotensi berpihak, lalu kemudian memaksa paslon lain mempercayainya”. Tutupnya.

    Lebih lanjut Safar mengatakan, hasil survei SSI yang memenangkan paslon nomor urut dua juga terkesan buru-buru dan wajar akurasinya dipertanyakan banyak pihak, “mana mungkin malam ini debat, kemudian besoknya sudah ada hasil. Sementara responden ada 400, via telepon lagi,” tuturnya.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Tingkatkan Mutu Pelayanan, Polres Maros Resmikan Gedung Baru

    Maros - reaksipress.com - Berbagai upaya terus dilakukan Polres Maros untuk meningkatkan Kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan membangun fasilitas penunjang pelayanan publik....

    Solusi Dusun Pemasok Miras

    Opini - reaksipress.com - Pipinya basah, matanya memerah terlihat hatinya pilu. Menyaksikan sekiar 5 karung mirasnya ditumpah oleh supir yang mengangkut atas ...

    Gandeng UMKM, Layanan Polres Maros Akan Diantar ke Rumah

    Maros - reaksipress.com - Polres Maros dan UMKM jasa layanan kurir OM Maros menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di aula Mapolres Maros, Rabu (03/03/2021). Acara tersebut...

    Polsek Turikale Ungkap Kasus Pencurian Sepeda

    Maros - reaksipress.com - Kepolisian Sektor Turikale Polres Maros berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan pencurian sepeda, Selasa ((02/03/2021). Pengungkapan kasus berawal dari laporan polisi LP/15/II/2021/PSS/Res.Maros/Sek....

    Nuranita, Perempuan Camba Yang Membawa Maros Hingga Tingkat Nasional

    Maros - reaksipress.com - Pemilihan Duta Kampus Tingkat Nasional tahun 2021 yang digelar di LPP Convention Hotel, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung...

    Pra Muscab DPC PKB Maros Rekomendasikan Gus Ami Jadi Presiden RI

    Maros - reaksipress.com - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Maros, sukses menggelar pra Musyawarah Cabang (Pra Muacab), Ahad (28/02/2021) Kegiatan yang...