Lainnya

    Tengok Wisata Prasejarah Leang Singara & Leang Kallang di Maros

    Maros – reaksipress.com – Bertempat di dusun tombolo desa Tompobulu Kec. Tompobulu Kab. Maros, leang berpasangan ini menambah situs prasejarah yang ada di Maros.

    Leang singara dan leang kallang, seperti namanya leang singara yang berarti terang, dan leang kallang yg berarti gelap, sesuai dengan kondisi masing-masing.

    Leang singara dan leang kallang berada di belakang rumah penduduk Dusun Tombolo, tepatnya di sekitar area perkebunan warga, dibutuhkan waktu beberapa menit dengan akses tempuh berjalan kaki menuju leang singara dan leang kallang.
    Perjalanan yang di tempuh melewati kebun dan sawah penduduk,untuk menelusuri leang dengan mudah alangkah baiknya jika dipandu salah satu warga setempat sebagai penunjuk arah.

    Di dalam leang singara anda dapat menemukan patung yamg berbentuk seperti kedua mempelai yang sedang duduk di pelaminan, dan lukisan di dinding gua, sedangkan leang kallang belum diketahui objek yang terdapat di dalamnya, dikarenakan kondisi mulut gua yang berair dan konon hanya orang-orang tertentu yang bisa memasuki leang kallang.

    Leang ini pertama kali ditemukan warga saat era jajahan Belanda yang kemudian dijadikan sebagai sumber air, didalam leang terdapat mata air yang dimanfaatkan oleh warga. Walaupun musim kemarau tiba, air yang ada di leang singara dan leang kallang tak pernah surut.

    Sampai sekarang belum banyak keterangan yang ditemukan terkait objek yang ada di dalam dua Leang tersebut.

    Laporan: Dina Kumalasari (Remaja Masjid Nurul Falaq Desa Tombolo).

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer