Lainnya

    Surat Edaran Menteri Agama Fachrul Razi “Rumah Ibadah Resmi Dibuka”, Ini Syaratnya

    Masjid_Reaksipres : Sebelumnya, seluruh rumah ibadah di Indonesia, termasuk di Sulsel, tidak diperkenankan melaksanakan kegiatan ibadah berjemaah maupun kegiatan lainnya demi mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona (COVID-19).

    Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Anwar Abubakar menyatakan, masyarakat boleh membuka kembali rumah ibadah sepanjang telah mendapatkan izin dari otoritas pemerintah setempat.

    Anwar menjelaskan, rumah-rumah ibadah boleh dibuka kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Menteri Agama Fachrul Razi, kata Anwar, telah menerbitkan surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Masa Pandemi.

    “Kita imbau seluruh masyarakat dan umat beragama untuk mempedomani edaran tersebut,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Anwar Abubakar (Minggu. 31/5).

    1. Rumah ibadah yang kembali dibuka harus mendapatkan izin dari pemerintah
    Kemenag Sulsel Ingatkan Pembukaan Kembali Rumah Ibadah Harus Ada IzinPemerintah mensterilisasi sejumlah rumah ibadah di Makassar.
    Untuk bisa membuka kembali rumah ibadah, kata Anwar, harus ada rekomendasi dari pemerintah setempat dan juga surat keterangan bebas COVID-19 sehingga memang layak untuk ditempati beribadah.

    “Pengurus rumah ibadah bermohon ke lurah/kades dulu untuk mendapatkan Surat Keterangan Pemakaian Rumah Ibadah, nanti lurah/kades lanjutkan ke camat lalu lanjut ke bupati/wali kota. Nanti ada Surat Keterangannya baru dipakai beribadah,” jelasnya.

    Anwar mengatakan bahwa saat ini pengurus rumah ibadah sudah bisa mengusul surat keterangan mulai dari sekarang.

    2. Akan diberi sanksi jika tidak menerapkan protokol kesehatan
    Kemenag Sulsel Ingatkan Pembukaan Kembali Rumah Ibadah Harus Ada IzinPemerintah mensterilisasi sejumlah rumah ibadah di Makassar.
    Jika rumah ibadah telah dibuka, maka akan diawasi oleh tim Gugus Tugas COVID-19. Apabila dalam penerapannya ternyata pengurus rumah ibadah tidak mampu menjalankan protokol kesehatan seperti yang telah ditetapkan, maka akan diberikan sanksi berupa pencabutan izin sehingga rumah ibadah untuk sementara tidak bisa dibuka.

    “Surat keterangannya dicabut kembali. Tidak bisa dibuka sementara sepanjang belum bisa memenuhi protokol COVID-19,” katanya.

    3. Rumah ibadah tidak diperkenankan melaksanakan ibadah apabila ada penularan COVID-19
    Kemenag Sulsel Ingatkan Pembukaan Kembali Rumah Ibadah Harus Ada Izin Pemerintah mensterilisasi sejumlah rumah ibadah di Makassar.
    Sebelumnya Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan surat edaran tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Masa Pandemi, Sabtu (30/5).

    Surat edaran tersebut mencakup panduan pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah pada masa pandemik, yang lazimnya dilaksanakan secara berjemaah atau kolektif. Di dalamnya mengatur kegiatan keagamaan inti dan kegiatan keagamaan sosial di rumah ibadah, berdasarkan situasi real terhadap pandemik COVID-19 di lingkungan rumah ibadah tersebut, bukan hanya berdasarkan status zona yang berlaku di daerah.

    “Meskipun daerah berstatus Zona Kuning, namun bila di lingkungan rumah ibadah tersebut terdapat kasus penularan COVID-19, maka rumah ibadah dimaksud tidak dibenarkan menyelenggarakan ibadah berjamaah/kolektif,” kata Fachrul dalam rilis berita.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Akses Mamuju-Majene akhirnya Bisa Dilalui

    Sulbar – reksipress.com - Lonsor susulan yang terjadi di Jalan Poros Majene, Dusun Belalang, Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi...

    Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Gempa Sulbar

    Sulbar – reaksipress.com - Setelah mendengar kondisi Sulawesi Barat yang dilanda gempa berkekuatan Magnitudo 6.2 pada pertengahan Bulan Januari lalu. Akhirnya Presiden Republik Indonesia,...

    120 KK Korban Gempa Belum Terima Bantuan

    Sulbar - reaksipress.com - 120 keluarga di Lingkungan Sese Selatan, kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Mamuju, mengaku belum menerima bantuan sama sekali. "Di sini 120 kepala...

    Polres Maros Kirim Bantuan ke Sulbar

    Maros - reaksipress.com - Polres Maros melepas rombongan bantuan kemanusiaan peduli korban bencana Alam Gempa Bumi Sulawesi Barat di Mapolres Maros, Sabtu, (23/01/2021). Lima unit...

    Hoaks Tsunami Membuat Panik Warga Mamuju

    Sulbar - reakspress.com - Kabar berantai melalui whatsapp yang mengatakan akan terjadi gempa susulan dan tsunami yang lebih dahsyat dari gelap Kota Palu beredar...

    Gubernur Sulsel Akan Support Infrastruktur Geopark Maros-Pangkep

    Sulsel – reaksipress.com - Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah, berjanji akan mensupport penuh infrastruktur yang ada di Geopark Maros-Pangkep. Beberapa infrastruktur akan dibangun diantaranya...