Lainnya

    Sebelumnya Lautan Lalu Terangkat Daratan Itulah “Palu”

    Artikel- reaksipress.com -Sebelumnya adalah lautan, lalu tanah terangkat di atasnya di sebutlah “Palu”. Menjadilah tempat baru untuk hunian (De Aste Toradja’s van Midden Celebes). menurut Dr. Kruyt (1888), Awal mula pembentukan kota Palu berasal dari penduduk Desa Bontolevo di Pegunungan Ulayo. Setelah pergeseran penduduk ke dataran rendah, akhirnya mereka sampai di Boya Pogego sekarang ini.

    Adapun Asal usul nama kota “Palu” adalah kata Topalu’e (bahasa Kaili) yang artinya Tanah yang terangkat, karena daerah ini awalnya lautan, akibat terjadi gempa dan pergeseran lempeng (palu koro) sehingga daerah yang tadinya lautan tersebut terangkat dan membentuk daratan lembah yang sekarang menjadi Kota Palu.

    Pada masa penjajahan Belanda, Kerajaan Palu menjadi bagian dari wilayah kekuasaan (Onder Afdeling Palu) yang terdiri dari tiga wilayah yaitu Landschap Palu yang mencakup distrik Palu Timur, Palu Tengah, dan Palu Barat; Landschap Kulawi; dan Landschap Sigi Dolo.

    Tercatat Palu dan sekitarnya pernah dilanda gempa dan tsunami pada 1927, 1938, dan 1968. Semoga Palu dan seluruh penduduknya segera kembali pulih, sehat, aman dan damai setelah musibah gempa dan tsunami melanda kota ini.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer