Lainnya

    Polres Gowa Amankan Pembalak Liar

    Gowa, Sulsel – reaksipress.com – Kepolisian Resort (Polres) Gowa mengamankan Enam pelaku yang diduga melakukan perambahan hutan lindung di Dusun Matteko Desa Erelembang Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa.

    Keenam pelaku masing-masing adalah DPB (29th) Ketua RT Dusun Matteko dan NT (64th) Ketua RK Dusun Matteko yang berperan menyuruh penebangan, serta NC (40th), NS (43th), SM (20th), dan AL (31th) yang bertindak sebagai penebangan. Keenanmnya adalah warga setempat.

    Hal ini diungkapkan Kapolres Gowa, AKBP. Shinto Silitonga, dan Kapolsek Tombolopao, Iptu H. Jamarang, beserta Kasubbag Humas AKP. M Tambunan saat menggelar press conference, Sabtu (02/02/2019) siang di Mapolres Gowasiang.

    “Setelah dilakukan penyelidikan, petugas menemukan 6 tersangka yang melakukan perambahan hutan dengan modus menggergaji pohon-pohon pinus tersebut dan membiarkannya di areal Dusun Matteko,” jelas Shinto.

    Para pelaku ditangkap oleh petugas setelah ada informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi pembalakan liar yang dilakukan oleh para tersangka.

    Mendapat laporan warga, aparat kepolisian dari Polsek Tombolo Pao yang dipimpin Kapolsek Tombolopao Iptu. H. Jamarang, turun ke lokasi dan melakukan penyelidikan.

    “Meski sempat berdalih bahwa penebangan pohon itu dilakukan untuk menghindari terganggunya tiang listrik yang terpasang di area tersebut, namun kami tetap percaya bahwa para pelaku melakukannya atas dasar motif ekonomi,” kata Shinto.

    Sejumlah barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku, diantaranya 2 (dua) unit gergaji mesin (chainsaw), 2 batang kayu pinus yang telah dibelah, dan 2 lembar papan yang telah diolah.

    Para pelaku dijerat dengan pasal 94 jo pasal 19 dan/atau pasal 84 jo pasal 12 dan/atau pasal 82 jo pasal 12 UU RI No. 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara dan denda paling sedikit Rp. 10.000.000.000.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Bupati Maros Terpilih Hanya Menjabat 3,5 Tahun

    Maros - reaksipress.com - Hal yang harus diterima oleh Kepala Daerah terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, ialah masa jabatannya dipersingkat dengan kurun...

    Bupati-Wakil Bupati Maros Dilantik Hari Ini

    Maros - reaksipress.com - Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Maros H.A. Chaidir Syam, M. Si dan Hj. Suhartina Bohari resmi bertugas setelah dilantik...

    ‘AMURE’ Kunjungi DPC PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Anggota DPR-RI Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan II, H. A. Muawiyah Ramly, M. Si., mengunjungi Kantor DPC PKB...

    Bersama Hidayatullah Langkat, BMH Gelar Syukuran Penggunaan Perdana Masjid Al-Fatah

    Nasional - reaksipress.com - Pondok Pesantren Hidayatullah bersama BMH menggelar kegiatan silaturrahim tokoh dan syukuran pemanfaatan perdana Masjid Al-Fatah, Ahad (21/2) di Desa Pekan...

    Ini Program 100 Hari Bupati Maros Yang Baru

    Maros - reaksipress.com - Setelah resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maros oleh Gubernur Sulsel, Chaidir Syam-Suhartina Bohari, kini fokus mempersiapkan program 100...

    Jelang Pra Muscab, 14 Pimpinan DPAC Solid Dukung Havid Fasha Kembali Pimpin PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Menjelang pelaksanaan Pra Musyawarah Cabang Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Maros, Pimpinan Kecamatan atau Ketua Tandfiz Dewan...