Lainnya

    Peran Pemuda Maros dalam Pengembangan Social Culture

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Artikel.Pendidikan – reaksipress.com- Dalam rangka melakukan studi banding “Maros Explore To Jawa” lima pemuda penggerak literasi asal kabupaten Maros, berinisiatif untuk mengelilingi pulau Jawa dan bertujuan untuk meningkatkan potensi baik itu pemahaman terhadap budaya dan juga pemahaman tentang social culture.

    Muhammad Guntur selaku leader team menuturkan bahwa, mereka yang tergabung dalam penggerak literasi begitu sering membahas tentang kejenuhan pemuda Maros terkait budaya yang mulai abu-abu khususnya di kalangan muda-mudi Maros yang begitu terikat akan budaya populer jaman sekarang,

    “Dan kami pun bersepakat untuk membuka ruang diskusi di carfreday tiap minggu pagi di pelataran kantor bupati Maros, sambil menggelar tikar dan menyajikan buku-buku yang biasanya kita gunakan di berbagai kegiatan-kegiatan lainnya, lalu disambut hangat oleh masyarakat yang ikut serta dalam diskusi kami.”paparnya.

    Para rombongan studi banding “Maros Explore To Jawa” memulai perjalanan pada hari Jumat tanggal 20 Desember 2019 pukul 05:00 am, langsung ke pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menggunakan kapal dharma rucika dengan rute Makassar-surabaya.

    Pada tanggal 21 Desember malam, kapal yang mereka tumpangi sudah sampai di pelabuhan Tanjung perak Surabaya, dan disinilah awal mula pemuda Maros tersebut memulai perjalanan “Maros Explore To Jawa” dimana mereka menyambangi banyak kabupaten dan mengunjungi semua provinsi pulau jawa,
    Termasuk; Surabaya, Madiun, Ponorogo, Wonogiri, Klaten, jogja, Magelang, Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Cirebon, Majalengka, Bandung, Bogor, Rembang, Kudus, Demak, Pati, Sukoharjo, Sragen dan beberapa kabupaten lainnya.

    Mereka berlima juga sempat diundang untuk melakukan pementasan budaya di salah satu kampus ternama di Yogyakarta dan bandung,
    ISI Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

    Dua orang diantara mereka menampilkan pementasan, Si Gajeng laleng lipa’ yang di padukan dengan iring-iring gendang dan lantunan-lantunan dzikir. tiga orang lainnya juga ikut serta menampilkan puisi berantai yang berjudul, Sukma ku ri Butta mangkasara’, ditulis oleh black mappaenteng salah satu budayawan di tanah Makassar.

    Pada hari senin tanggal 20 Januari 2020, kelima pemuda Maros tersebut kembali ketanah kelahiran dan akan melakukan edukasi berbagi cerita dan hal-hal baru yang di dapati pada saat berada di tanah jawa.

    - Advertisement -

    © Copyright 2023, Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

    Kapolres Gowa Turun Langsung Atur Lalulintas Demi Kelancaran Arus Mudik

    Gowa - Reaksipress.com - Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., bersama...

    Kapolres Gowa Bersama PJU Pantau Arus Mudik Lebaran di Jembatan Kembar Sungguminasa

    Gowa - Reaksipress.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kapolres Gowa,...

    Kasus Pengadaan Bibit Kopi di Enrekang, Tiga Terdakwa Divonis Bebas Oleh Pengadilan

    Reaksipress.com — Maros — Tiga terdakwa dugaan korupsi pengadaan bibit kopi UPT Kesatuan Pengelolaan...

    Mengenal Definisi Digital Agency Dan Layanan Yang Diberikan

    Apa Itu Digital Agency ? Simak Penjelasannya Disini

    Penetapan Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan dan Pemasangan CCTV Pada 30 Kelurahan di Kabupaten Pangkep Pada Tahun 2022/2023

    Reaksipress.com — Maros — Sebagaimana yang telah disampaikan pada press release sebelumnya pada tanggal...

    Samsat Maros Update Perubahan Jadwal Pelayanan Perpanjangan Pajak STNK Selama Ramadhan

    Reaksipress.com — Maros — Unit Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Pemkab Maros) terus...