Lainnya

    Mengapa Peran Orang Tua Penting Dalam Pendidikan?

    Artikel.Pendidikan- reaksipress.com  -Mungkin selama ini orang tua merasa tenang jika sudah menyerahkan anaknya ke sekolah. Padahal seharusnya, proses pendidikan anak tidak hanya di sekolah, Mereka butuh pendampingan orang tua.

    Menurut beberapa ahli, sebenarnya tidak dibutuhkan uang banyak untuk mendapatkan pendidikan anak yang baik, karena parenting pada dasarnya adalah cinta kasih dan semua orang tua pasti punya cinta kasih. Yang terpenting adalah orang tua yang selalu mendampingi anaknya selama proses pendidikan tersebut.

    Dalam hal mendidik dan menyekolahkan anak, orang tua tidak bisa menyalahkan guru ketika ada sesuatu yang salah dalam pendidikan anak, begitu pula sebaliknya. Orang tua maupun guru adalah orang yang berperan penting dalam pendidikan anak, harus ada kolaborasi di dalamnya.

    Bahwa selama ini sebenarnya banyak terjadi kesalahan terkait hubungan orang tua dan anak dalam hal pendidikan, yaitu kadang orang tua terlalu menggurui dan merasa lebih pintar dari anak-anak. Padahal harusnya hubungan orang tua dan anak itu adalah sama-sama belajar.

    Selain itu, orang tua juga mesti jeli terhadap kecerdasan yang dimiliki anaknya. Karena kecerdasan tidak hanya diukur dari satu parameter saja, tapi dari berbagai tipe kecerdasan.

    Untuk anak yang kadang sulit untuk dinasihati dan anak malas belajar atau ke sekolah,  disarankan untuk terlebih dahulu membuat hubungan positif dengan sang anak dan jangan menghakimi. Mendisiplinkan itu boleh, hanya dalam bentuk yang positif.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer