Lainnya

    Maros Keren Serang Peran Wabup, Syafaruddin: Jangan dzolimi Andi Toto

    Maros.reaksipress.com – Sosok HA Harmil Mattotorang, mendadak ramai diperbincangkan di media sosial beberapa hari usai debat kandidat pilkada sesi pertama yang digelar KPUD Maros. Sebuah pertanyaan singkat yang dilontarkan oleh lekaki berkacamata itu kepada paslon nomor 2 yakni Chaidir Syam dan Suhartina Bohari, seolah meninggalkan bekas tidak enak bagi tim pasangan tersebut.

    Berikut kutipan pertanyaan Andi Toto sapaan HA Harmil Mattotorang,  “Tadi paslon nomor 2 menyebutkan selama 10 tahun terakhir Bupati Maros Hatta Rahman telah berhasil membangun infrastruktur  termasuk jalan kurang lebih 1000 km. Apakah pembangunan yang telah dilaksanakan, betul-betul pak Bupati yang membangun dan tidak melibatkan wakil dan yang lainnya,”.

    Pertanyaan  tersebut hanya dijawab seadanya oleh Chaidir Syam. Ia sempat membenarkan bahwa pembangunan itu adalah kebersamaan. Namun selebihnya, Chaidir seolah menghindari pertanyaan itu dengan menjawab terkait komitmen bersama pasangannya dalam melaksanakan  pembangunan jika terpilih tanpa sedikit pun ada jabaran jawaban yang jelas ke sang penanya paslon nomor 3.

    Bukti ketidakpuasan Andi Toto atas jawaban tersebut terlontar saat moderator memberi kesempatan untuk menanggapi. Sosok yang mendampingi Bupati Maros Hatta Rahman selama 10 tahun itu kembali menegaskan.

    ” Yang saya ingin dapatkan jawaban apakah pembangunan jalan itu semata-mata pak Bupati saja atau tidak melibatkan wakilnya dan stakeholder lainnya”.

    Menariknya pertanyaan singkat  tersebut seolah menjadi duri yang menyakiti. Entah ada hubungannya atau tidak, Master Campaign (MC) paslon Maros Keren Irfan AB langsung mengulas hasil debat perdana saat tampil menjadi narasumber dalam kanal khusus yang disiarkan live streaming via facebook. Irfan seolah ingin mengaburkan peran Andi Toto selaku wakil Bupati dengan lebih menonjolkan peran ketua DPRD yang saat itu dijabat Chaidir Syam.

    Chaidir dianggap berjasa besar karena menyetujui rencana pembangunan infrastruktur Bupati melalui fungsi anggaran di legislatif.

    Upaya Pembentukan opini kembali dilontarkan oleh dua legislator dari partai pendukung Maros keren yakni Rusli Rasyid dan Hasmin badoa.

    Rusli dari fraksi Hanura, menegaskan peran DPRD lebih luas ketimbang wakil Bupati. Sementara Hasmin Badoa dari PPP juga mengungkapkan peran dari wakil Bupati tergantung komitmen.

    Menanggapi hal itu, juru bicara (Jubir) Maros Unggul Syafaruddin Ahmad, mengatakan adanya upaya tim dan pengusung paslon tersebut dalam mengaburkan peran wakil Bupati yang saat itu dijabat oleh Ando Toto, dalam kesuksesan pemerintah 10 tahun terakhir.

    “Kalau ada pihak yang ingin menghilangkan peran wakil Bupati itu sesat dan menyesatkan”, tegas Syafar. Kamis (5/11/2020).

    Bupati dan wakil Bupati adalah satu paket yang tidak bisa terpisahkan dalam pemerintahan yang menjalankan fungsi eksekutif, “jangan mencoba seolah ingin menghilangkan peran wakil Bupati yang dijalankan oleh Andi Toto dalam kesuksesan pemerintahan 10 tahun terakhir ini,” ujar alumni Fisip Unhas itu.

    Belum lagi kata Syafar, adanya pihak yang mengatakan bahwa peran dari DPRD lebih besar ketimbang wakil Bupati. Menurutnya, itu keliru dan salah besar.

    “itu adalah pernyataan bodoh dan keliru,” kata Syafar.

    Ketua Projo Maros itu juga tidak menafikan, peran ketua DPRD selaku fungsi anggaran itu penting namun jangan lupa yang melaksanakan pembangunan adalah eksekutif dimana eksekutornya adalah Bupati dan wakil Bupati sesuai dengan  UU nomor 32 tahun 2004 Junto UU nomor 23 tahun 2014.

    “Ingatki komitmen meningkatkan pembangunan infrastruktur termasuk jalan, termaktub dalam visi misi Hatta Rahman – Andi Toto di Hatita jilid 2, artinya pembangunan jalan dan kemajuan lainnya sudah menjadi komitmen keduanya dalam menyusun visi-misi,” ujar syafar.

    Lebih lanjut Syafar meminta agar pihak paslon lain tidak melakukan upaya dzolim kepada Andi Toto, hanya untuk menarik simpati masyarakat Maros di momentum Pilkada ini.

    “Kasihan Andi Toto, jangan di dzalimi terus, bagaimana pun juga beliau telah banyak berjasa untuk kemajuan Maros dan bersama dengan Bupati dalam menciptakan Maros yang maju dan sejahtera,” tutupnya.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Solusi Dusun Pemasok Miras

    Opini - reaksipress.com - Pipinya basah, matanya memerah terlihat hatinya pilu. Menyaksikan sekiar 5 karung mirasnya ditumpah oleh supir yang mengangkut atas ...

    Nuranita, Perempuan Camba Yang Membawa Maros Hingga Tingkat Nasional

    Maros - reaksipress.com - Pemilihan Duta Kampus Tingkat Nasional tahun 2021 yang digelar di LPP Convention Hotel, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung...

    Gegara Pandemi, TWA Bantimurung Rugi 6 Miliar

    Maros - reaksipress.com - Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Maros. Meski demikian, selama Pandemi Covid-19, PAD...

    Polres Maros Gelar Vaksin Covid-19 Tahap 2

    Maros - reaksipress.com - Sebanyak 50 personil Polres Maros mengikuti pencanangan vaksin Covid-19 tahap II yang digelar Polres Maros. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

    Polsek Turikale Ungkap Kasus Pencurian Sepeda

    Maros - reaksipress.com - Kepolisian Sektor Turikale Polres Maros berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan pencurian sepeda, Selasa ((02/03/2021). Pengungkapan kasus berawal dari laporan polisi LP/15/II/2021/PSS/Res.Maros/Sek....

    Nakes di Pulau Terluar Sulawesi Selatan Telah di Vaksin

    Pangkep - reaksipress.com - Sejumlah tenaga kesehatan dan unsur kantor desa di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan kembali mendapatkan dosis Vaksin jenis...