Lainnya

    Maros Keren Lancarkan Kampanye Negatif, Pengamat: Drama Untuk Raih Simpati Pemilih

    Maros.reaksipress.com – Dinamika politik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maros 2020, jelang pencoblosan yang tinggal 26 hari lagi semakin dinamis. Dimana, masyarakat Maros mulai disuguhi dengan negative campaign atau kampanye negatif yang menyerang kandidat lain dengan maksud untuk menjatuhkan elektabilitas sang calon.

    Pengamat politik Herman Lilo, mengatakan negatif campaign ialah salah satu bagian dari strategi komunikasi politik yang digunakan untuk menyerang pasangan calon (paslon) lain pada kontestasi politik.

    “Negative campaign menjadi bagian strategi komunikasi politik untuk mempengaruhi publik terkait citra lawan. Itu sah dalam politik, akan tetapi dapat menjadi boomerang jika negatif campaign itu terkonfirmasi. Apalagi, diera informasi seperti sekarang ini sangat mudah bagi orang melakukan klarifikasi,” kata kata Lilo karibnya disapa. Jumat (13/11/2020).

    Ia menilai, dalam Pilkada Maros saat ini. Strategi semacam itu bisa saja dilakukan oleh salah satu paslon untuk menyerang dirinya sendiri untuk menciptakan opini di masyarakat seolah dirinya teraniaya. Hal itu, dilakukan dengan maksud meraih simpati dan rasa ibah dari pemilih.

    “Semua strategi berpotensi dilakukan. Apalagi, jika kandidat hendak membuat drama flying victim. Sehingga, menampakkan dirinya teraniaya,” katanya.

    Sementara itu, tokoh politik Maros Syafaruddin Ahmad mengatakan, disisa waktu kampanye Pilkada Maros saat ini, upaya taktik semacam itu mulai diperlihatkan oleh paslon nomor dua.

    “Melihat caranya mengolah opini. Bahkan sikapnya dalam menuding dua paslon lain menunggangi aksi demonstrasi kasus korupsi yang terlalu tendensius. Sekali lagi kami tegaskan bahwa Maros Unggul sama sekali tidak ada kaitannya dengan demo itu. Jadi, jangan asal tuding,” ungkapnya.

    Menurut Syafaruddin, drama seolah teraniaya yang tengah dimainkan kubu paslon nomor dua merupakan bentuk kepanikan, lantaran antusiasme masyarakat Maros ke paslon nomor 3 Maros Unggul berbeda jauh dengan hasil survei yang dirilis Maros Keren.

    “Saya kira mereka panik melihat animo masyarakat. Makanya dibuatlah drama-drama seperti itu. Soal kasus korupsi, itu tidak ada istilah agenda lima tahunan dan seterusnya, yang namanya kasus itu terus bergulir sampai hukum menyatakan selesai,” katanya.

    Padahal, paslon hati kita keren lanjutnya, tidak pantas melempar tudingan buruk sampai seolah dianiaya. Pasalnya, paslon usungan PAN itu disinyalir memanfaatkan fasilitas dan perangkat Pemerintah dalam kontestasi politik saat ini.

    “Hari ini terkuak kalau kubu mereka disinyalir politisasi bantuan pemerintah, perangkat pemerintah dan lain-lain. Sekarang malah tuding paslon lain sembarangan. Jurus mabuk ini, sudah kehabisan strategi jadi mereka begitu,” katanya.

    Sebelumnya, melalui beberapa media online juru bicara (jubir) maros keren Chaerul Syahab menuding dua paslon lain menunggangi aksi demonstrasi gerakan masyarakat anti korupsi menggugat (Gertak), menuntut penuntasan kasus korupsi yang menyeret Bupati Maros dua periode HM Hatta Rahman dan kroni-kroninya.

    Dia juga mengatakan bahwa dua kubu paslon lain diduganya sengaja melakukan kompromi politik untuk menurunkan elektabilitas paslonnya.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Solusi Dusun Pemasok Miras

    Opini - reaksipress.com - Pipinya basah, matanya memerah terlihat hatinya pilu. Menyaksikan sekiar 5 karung mirasnya ditumpah oleh supir yang mengangkut atas ...

    Pra Muscab DPC PKB Maros Rekomendasikan Gus Ami Jadi Presiden RI

    Maros - reaksipress.com - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Maros, sukses menggelar pra Musyawarah Cabang (Pra Muacab), Ahad (28/02/2021) Kegiatan yang...

    Polsek Turikale Ungkap Kasus Pencurian Sepeda

    Maros - reaksipress.com - Kepolisian Sektor Turikale Polres Maros berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan pencurian sepeda, Selasa ((02/03/2021). Pengungkapan kasus berawal dari laporan polisi LP/15/II/2021/PSS/Res.Maros/Sek....

    Nakes di Pulau Terluar Sulawesi Selatan Telah di Vaksin

    Pangkep - reaksipress.com - Sejumlah tenaga kesehatan dan unsur kantor desa di pulau-pulau terpencil di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan kembali mendapatkan dosis Vaksin jenis...

    Gegara Pandemi, TWA Bantimurung Rugi 6 Miliar

    Maros - reaksipress.com - Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor andalan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Maros. Meski demikian, selama Pandemi Covid-19, PAD...

    Polres Maros Gelar Vaksin Covid-19 Tahap 2

    Maros - reaksipress.com - Sebanyak 50 personil Polres Maros mengikuti pencanangan vaksin Covid-19 tahap II yang digelar Polres Maros. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...