Lainnya

    Lupa, 5 Efek Samping Kayu Manis

    Artikel.Kesehatan – reaksipress.com – Kayu manis merupakan salah satu rempah penyedap pada makanan dan minuman serta mengandung segudang manfaat kesehatan.

    Sayangnya, kayu manis jika di konsumsi berlebihan maka juga akan berefek buruk bagi tubuh. Ini karena, kayu manis mengandung senyawa kumarin yang dalam beberapa penelitian bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

    Lantas, apa saja bahaya kalau mengonsumsi kayu manis terlalu banyak?, berikut dikutip dari Healthline.

    1. Menyebabkan kerusakan hati

    Kayu manis yang biasa kita temukan di pasar mengandung sekitar 7-18 miligram kumarin per sendok tehnya. Sayangnya, penelitian dalam jurnal Human Toxicology mengungkapkan, bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kumarin dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan hati. Penelitian lain bahkan telah membuktikan, pada perempuan berusia 73 tahun yang mengonsumsi suplemen kayu manis selama seminggu, mendadak terserang infeksi hati akibat dosis kumarin yang tinggi.

    2. Menimbulkan beberapa masalah di mulut

    Beberapa penelitian yang diterbitkan jurnal PubMed menemukan, seseorang pernah mengalami sariawan karena mengonsumsi rempah harum satu ini. Bukan cuma itu, kandungan senyawa cinnamaldehyde yang juga terdapat dalam kayu manis, bisa memicu sejumlah alergi di mulut. Mulai dari pembengkakan gusi, bercak putih di mulut, hingga menimbulkan sensasi terbakar atau gatal.

    3. Memicu risiko gula darah rendah

    Gula darah terlalu tinggi memang membahayakan bagi kesehatan. Tapi, gula darah yang terlalu rendah juga bisa menjadi malapetaka, istilah penyakitnya hipoglikemia. Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah. Ini tentu akan terjadi bila kita mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Kalau dalam jumlah normal, kayu manis justru bermanfaat dalam mengontrol gula darah.

    4. Mengganggu pernapasan

    Sebuah penelitian yang dilakukan National Center for Biotechnology NIH menemukan, senyawa cinnamaldehyde dapat mengganggu pernapasan. beberapa masalah pernapasan yang bisa ditimbulkan bila terlalu banyak makan kayu manis itu adalah batuk, tersedak, dan sesak.

    5. Memengaruhi kinerja obat-obatan

    Bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat secara rutin, sebaiknya hindari dahulu kayu manis. Sebab, beberapa penelitian menemukan senyawa dalam kayu manis dapat bereaksi terhadap jenis obat-obatan tertentu.
    Contohnya, kayu manis berisiko memengaruhi kerusakan hati pada mereka yang mengonsumsi parasetamol, acetaminophen, dan statin.

    Untuk itu, kita hanya disarankan mengonsumsi kayu manis dengan jumlah kumarin 0,01 per kilogramnya. Sebagai catatan tambahan, biasanya satu sendok teh (2,5 gram) kayu manis bisa mengandung 7-18 miligram kumarin.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Peduli Korban Gempa, Kodim 1422/Maros dan Basnaz Kirim Bantuan Ke Sulbar

    Maros - reaksipress.com - Peduli terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, Kodim 1422/Maros dan Devisi Infantri 3/Kostrad serta...

    KPUD Tetapkan Bupati Maros Terpilih

    Maros - reaksipress.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akan menetapkan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Maros, periode 2021-2024. Rencananya rapat pleno penetapan tersebut...

    Masih Banyak Pengungsi Gempa Belum Dapat Bantuan

    Sulbar - reaksipress.com - Sejumlah pengungsi korban bencana gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), masih minim bantuan dan bahkan ada yang mengaku...

    Mulai Besok, Maros Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

    Maros – reaksipress.com - Bupati Maros, H.M. Hatta Rahman, M.M., mengeluarkan surat edaran Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kamis (21/01/2021). Langkah ini diambil setelah...

    Reskrim Polsek Tanralili Tangkap Pelaku Copet di Pasar Tanralili

    Maros - reakspress.com - Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Tanralili Polres Maros dipimpin Kanit Reskrim Ipda Erwin berhasil mengamankan dua pelaku copet,...

    Polda Sulsel Kawal Kedatangan Vaksin Sinovac

    Maros - reaksipress.com - Polda Sulsel mengerahkan sedikitnya 410 personel untuk menjamin keamanan dan kelancaran pengawalan vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang tiba di Terminal...