Lainnya

    Liang Panning, Situs Berusia Ribuan Tahun di Mallawa Maros

    Maros – reaksipress.com – Tim Survei Lapangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Maros melakukan pemantauan ke beberapa situs cagar budaya, termasuk Liang Panning yang terletak di Dusun Langi’, Desa Wannuawaru, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

    Tim Disbudpar Maros yang dipimpin Tenaga Ahli Cagar Budaya, Yusriadi, saat meninjau lokasi situs prasejarah Liang Panning, pada Rabu (10/02/2021), mengatakan bahwa Liang Panning sudah dikenal oleh masyarakat Mallawa sejak masa penjajahan.

    “Sejarah penemuan Liang Panning ini sejak masa penjajahan kolonial, gua ini sudah dikenal oleh masyarakat Mallawa dan sekitarnya dan sekarang kami melakukan pembaharuan data,” jelas Yusriadi yang juga Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Maros.

    Meskipun sudah dikenal luas oleh masyarakat Mallawa, namun khusus untuk kegiatan penelitian baru dimulai pada awal tahun 90-an.

    “Penelitian ini dilakukan oleh balai pelestarian cagar budaya begitupun dengan balai arkeologi. Temuan-temuan arkeologis yang ditemukan di gua ini mengindikasikan gua ini telah dihuni oleh manusia prasejarah sejak 7.000 tahun yang lalu,” tambah Yusriadi Arief.

    Ia juga melanjutkan bahwa ada beberapa indikasi lain yang menguatkan Liang Panning ini pernah dihuni oleh manusia prasejarah setelah ditemukannya peninggalan budaya dan kerangka manusia yang telah berumur 4.000 tahun lebih.

    “Juga beberapa indikasi lain yang menguatkan gua ini pernah dihuni itu dengan adanya peninggalan budaya berupa alat batu, juga sisa-sisa makanan berupa cangkang kerang atau molusca,” jelas Yusriadi.

    Selain itu situs Liang Panning dianggap menjadi bagian penting untuk mempelajari interaksi manusia di masa prasejarah dengan adanya kontak dua kebudayaan. Antara budaya Toala dengan manusia yang menggunakan bahasa Astronesia.

    Diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Maros, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah menetapkan situs ini sebagai situs cagar budaya melalui Surat Keputusan pada Tahun 2019 lalu.

    Laporan : Guntur Rafsanjani

    Silahkan Berikan Tanggapan Anda

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Terima Kasih Bupati dan Wakil Bupati Maros

    Opini - reaksipress.com - Tepat hari Rabu, 17 Februari 2021 Bupati Maros, Ir. H. Hatta Rahman, MM dan Wakilnya Drs. H. Harmil Mattotorang, M.M...

    ‘AMURE’ Kunjungi DPC PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Anggota DPR-RI Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan II, H. A. Muawiyah Ramly, M. Si., mengunjungi Kantor DPC PKB...

    Berpura-pura Belanja, Perempuan Paruh Baya ‘Gondol’ Uang 30 Juta

    Makassar - reaksipress.com - Perempuan berinisial HT (52) warga jalan Balana, Kelurahan Barana Kecamatan Makassar, Sulawesi Selatan harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah terciduk...

    Milad Pertama KPA Baterfly Maros

    Maros - reaksipress.com - Bertempat di Hutan Jati Pattunuang, Komunitas Pecinta Alam(KPA) Butterfly mengadakan Milad pertama pada Sabtu malam (20/02/2021). Rencansnya, kegiatan...

    HPPMI UMI Gelar Diskusi ‘Oligarki Menang Lagi’

    Maros - reaksipress.com - Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Komisariat Universitas Muslim menggelar diskusi terbuka disalah satu warkop di kawasan Kuliner PTB, Kelurahan...

    Bersama Hidayatullah Langkat, BMH Gelar Syukuran Penggunaan Perdana Masjid Al-Fatah

    Nasional - reaksipress.com - Pondok Pesantren Hidayatullah bersama BMH menggelar kegiatan silaturrahim tokoh dan syukuran pemanfaatan perdana Masjid Al-Fatah, Ahad (21/2) di Desa Pekan...