Lainnya

    Ketua Bawaslu Lantik 1073 PTPS Untuk Jaga Hak Pilih

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Maros – reaksipress.com – Proses seleksi Pengawas TPS (PTPS) Bawaslu Kabupaten Maros ditutup dengan pelantikan PTPS sebanyak 1073 orang. Ketua Bawaslu mengingatkan agar selalu menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu di TPS nanti. Dengan begitu, pemilu berintegritas dapat tercapai di kabupaten Maros.

    “Cukup panjang dan melelahkan seleksi untuk menjadi Pengawas TPS, itulah komitmen kami bahwa harus benar-benar dipastikan bahwa yang terpilih adalah orang-orang yang terseleksi dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini menunjukkan komitmen Bawaslu bahwa semua jajaran pengawas pemilu sampai tingkat Pengawas TPS dapat dijamin integritasnya. Karena empat syarat Pemilu berintegritas yakni Peserta Pemilu harus berintegritas, Penyelenggara Pemilu harus berintegritas, Pemilih harus berintegritas dan yang ke empat, serta Pemerintah dan perangkat-perangkatnya juga harus berintegritas,” ujar Sufirman, Ketua Bawaslu Maros, di Kantor Bawaslu Maros, (22/1/2024).

    Pada seleksi ini, sekitar 1.333 hingga gelombang ke 3 yang melakukan pendaftaran dan seleksi dari 1073 kebutuhan Pengawas TPS. PTPS yang dilantik, ditetapkan dan terpilih dari proses seleksi tersebut termonitor secara berjenjang dari sampai Bawaslu RI prosesnya setiap hari.

    “Pengawas TPS merupakan ujung tombak dari Bawaslu, karena akan mengawasi satu bagian penting dalam Pemilu, yang menentukan kualitas demokrasi kita. Yaitu dimulai dari Sebelum Pemungutan suara, masa tenang, persiapan pemungutan dan penghitungan suara, Proses Pemungutan dan Penghitungan suara di TPS serta pergerakan logistik Pemilu, hasil pemilu yang murni ada di TPS sehingga harapan besar kita, pemilu yang bersih dan jauh dari kecurangan ada di TPS,” imbuh Sufirman.

    Ia menambahkan, berapapun perolehan suara yang ada di TPS harus diawasi dan dijaga serta dipastikan tidak boleh ada yang berubah sedikitpun. Karena Pengawas TPS adalah peletak pertama legitimasi suara, dan garda terdepan menjaga hak pilih warga.

    “Pengawas TPS diberikan amanah oleh negara, jaga baik-baik amanah tersebut, Integritas harga mati bagi pengawas Pemilu, kita sebagai Pengawas Pemilu diberikan kewenangan untuk mengawasi, mencegah dan menindak segala bentuk kecurangan yang terjadi, sehingga dan lagi-lagi integritas pengawas pemilu harus dijaga dengan baik, jadikan integritas tersebut sebagai siri’nya kita, tegas dalam kebaikan dan kebenaran demi tegaknya Demokrasi bangsa,” tukasnya.

    Diketahui, pelantikan PTPS ini dilaksanakan secara serentak di 14 kecamatan se-Kabupaten Maros, oleh masing-masing ketua Panwascam. Setelah itu, PTPS diberikan pembekalan berupa materi tugas, wewenang dan kewajiban PTPS. Mereka juga diarahkan untuk berkoordinasi dengan pemangku kepentingan yang nantinya akan bersama-sama di TPS, yaitu bangun koordinasi dengan baik dengan KPPS, pihak keamanan, dan pemerintah setempat.

    - Advertisement -

    © Copyright 2023, Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

    Kapolres Gowa Turun Langsung Atur Lalulintas Demi Kelancaran Arus Mudik

    Gowa - Reaksipress.com - Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., bersama...

    Kapolres Gowa Bersama PJU Pantau Arus Mudik Lebaran di Jembatan Kembar Sungguminasa

    Gowa - Reaksipress.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kapolres Gowa,...

    Kasus Pengadaan Bibit Kopi di Enrekang, Tiga Terdakwa Divonis Bebas Oleh Pengadilan

    Reaksipress.com — Maros — Tiga terdakwa dugaan korupsi pengadaan bibit kopi UPT Kesatuan Pengelolaan...

    Mengenal Definisi Digital Agency Dan Layanan Yang Diberikan

    Apa Itu Digital Agency ? Simak Penjelasannya Disini

    Penetapan Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan dan Pemasangan CCTV Pada 30 Kelurahan di Kabupaten Pangkep Pada Tahun 2022/2023

    Reaksipress.com — Maros — Sebagaimana yang telah disampaikan pada press release sebelumnya pada tanggal...

    Samsat Maros Update Perubahan Jadwal Pelayanan Perpanjangan Pajak STNK Selama Ramadhan

    Reaksipress.com — Maros — Unit Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Pemkab Maros) terus...