Lainnya

    Kesbangpol : Maros Siap Gelar Pemilihan Bupati

    Maros – reaksipress.com – Pasca memasuki tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2020, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Maros menyatakan Kabupaten Maros telah siap menggelar pesta demokrasi tersebut.

    Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Maros, Towadeng, S.H, M.H., saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (10/06/2020)

    Towadeng menjelaskan bahwa sesuai arahan Kepala Dirjen Kesbangpol dan Pemerintahan Umum Republik Indonesia melalui video Conference yang menginstruksikan bahwa setelah keluarnya PKPU nomor 5 Tahun 2020, maka tidak ada opsi lain kecuali Pemilukada harus digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

    Terkait peran Kesbangpol dalam tahapan Pemilukada, mantan kepala Bappeda itu menyatakan bahwa pihaknya harus memastikan bahwa proses pemungutan suara bisa dilaksanakan dengan aman dan damai.

    “Kami berperan memastikan bahwa Masyarakat Maros siap secara ekonomi, sosial dan budaya untuk menggelar pemilukada. Tentu dengan mengedepankan aturan protokol kesehatan covid-19.” paparnya.

    Selain melakukan koordinasi dengan penyelenggara yaitu KPUD, Kesbangpol Maros akan melakukan sinergitas dengan lembaga sosial masyarakat, organisasi kepemudaan dalam pemantauan pelaksanaan tahapan hingga pelaksanaan pemungutan suara.

    “Kami akan membangun komunikasi dengan berbagai pihak selain dengan penyelenggara, Forkopimda, Pengawas Pemilu juga dengan organisasi masyarakat, pemuda, dan keagamaan, sehingga semua bisa berjalan baik sesuai harapan.” lanjut Towadeng.

    Saat ditanya berkaitan dengan kewenangan untuk memberikan rekomendasi penundaan pelaksanaan Pemilukada, Ia menegaskan bahwa Kesbangpol justru bertugas untuk memastikan bahwa pemilihan bisa dilaksanakan sesuai jadwal.

    “Kami bertugas mencegah hal itu, jadi tidak memberikan rekomendasi tapi mendorong agar Pemilukada digelar tepat waktu. Bila ada kendala atau masalah maka kami bertugas untuk menyelesaikan itu. Tentu dengan meminta petunjuk dari pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati Maros.” katanya lagi.

    “Jadi tugas kami akan kelihatan ketika Pemilukada berjalan dengan aman dan damai.” jelasnya.

    Sebagai Kepala Kesbangpol Maros, Towadeng, S.H, M.H., berharap pelaksanaan Pemilukada bisa berjalan sesuai harapan seluruh lapisan masyarakat yakni aman, damai tanpa ada gesekan.

    “Selama pelaksanaan Pemilihan Umum, Kabupaten Maros selalu menjadi contoh baik di Sulsel bahkan di Indonesia karena berhasil melaksanakan Pemilukada dengan aman dan damai.” lanjutnya lagi.

    Pria yang baru saja menduduki pucuk pimpinan di Kesbangpol Maros itu juga meminta kepada seluruh calon dan partai politik untuk untuk sama-sama menjaga ruh tanah Butta Salewangang yaitu ‘Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi’

    “Perbedaan pilihan jangan dijadikan sebagai benih perpecahan. Beradu visi dan misi serta konsep tentu lebih cerdas.” tutupnya.

    Laporan : Asq
    Editor : MR

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer