Lainnya

    Kepala TN Babul, Akhirnya Hadiri RDP Terkait Dugaan Perampasan Ruang Hidup di Bislap

    Maros – reaksipress.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Maros, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pengelolaan Site Pattununang yang rencananya akan dikelola oleh investor luar, di Ruang Paripurna Gedung DPRD Maros, Kamis (19/11/2020)

    Rapat yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Maros, Fatmawati, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Maros, Haeriah Rahman beserta anggota Komisi III.

    Turut hadir perwakilan masyarakat Pattunung, Kepala Desa Samangki, Kepala Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN-Babul), Yusak Mangetan dan Aliasni Masyarakat Karst (Al-Makar).

    RDP itu ditenggarai akibat laporan masyarakat terkait rencana Kepala TN Babul yang akan mengelolakan site Pattununang yang sudah dibangun dengan anggaran tidak sedikit kepada investor luar sulawesi.

    “Ketakutan kami itu ketika kami hanya jadi tamu di tanah kita sendiri, ketika pengelolaan site wisata harus dikelola oleh orang dari luar yang masuk, apalagi dalam jangka waktu yang lama,” ungkap Arif.

    Kasubag TU Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Hidayat, menyampaikan dimana terkait investor atas nama perusahaan PT. BAL memang belum mendapatkan izin terkait pengelolaan Site Pattunuang, namun pihaknya memang membuka secara luas pengelolaan site itu kepada siapapun.

    “Bukan hanya PT. BAL, dari pemerintah setempat sendiripun dapat melakukan pengelolaan Site Pattunuang. Terkait rencana pengelolaannya itu sendiri jangka waktunya juga tergantung dari kesepakatan,” jelasnya.

    Perwakilan Al-Makar, Teguh IP mengungkapkan jika hal tersebut merupakan langkah awal pihaknya untuk melakukan pendampingan terhadap masyarakat. Apalagi menurutnya, ada hal yang mengganjal terkait rencana salah satu investor luar yang mereka duga melibatkan Kepala TN Babul, Yusak Mangetan.

    “Ada beberapa data yang kami dapatkan di lapangan, dimana kami menduga keterlibatan Kepala TN Babul yang sibuk melakukan sejumlah pengurusan prosedur untuk memperlancar investor luar untuk masuk. Mulai dari memfasilitasi masyarakat dengan investor, hingga pengurusan dokumen seperti berkas Pertimbangan Teknis dari Pemerintah Daerah,” bebernya.

    “Sebagai Kepala, beliau tidak etis ketika harus melakukan pendampingan pengurusan berkas investor, hal itu kan urusan investor, kenapa kepala TN Babulnya yang sibuk, hal itu pastinya membuat kami curiga dan kuat dugaan ada main dengan investor,” tambahnya.

    Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Maros Fraksi PAN, Haeriah Rahman mengungkapkan, jika pihaknya selaku wakil rakyat memang sangat merekomendasikan pengelolaan site pattunuang dikelolah oleh pemerintah setempat, baik dari pemerintah desa melalui Bumdes atau BUMD. “Kalau kami meminta agar pengelolaan ini melibatkan pemerintah setempat dan serta masyarakat yang berada disekitarnya sehingga karena mereka sudah turun temurun tinggal disana dan juga disana sudah masuk pembangunan yang besar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” jelasnya.

    “Ini akan berlanjut, sehingga kita akan menemukan titik tengahnya, jadi kita juga akan mengundang lagi beberapa pihak terkait dalam rapat dengar pendapat selanjutnya,” tutupnya.

    Laporan Wartawan : Guntur Rafsanjani.

    Silahkan Berikan Tanggapan Anda

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Dikira Gempa, Ternyata Truk Seruduk Warung

    Maros - reaksipress.com - Kecelakaan tunggal terjadi di jalan poros Maros-Pangkep, Lingkungan Belang-belang, Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Jumat (14/01/2021) Satu unit mobil truk tanpa muatan...

    Longsor Tutup Akses Jalan Maros-Bone

    Maros - reaksipress.com - Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Maros beberapa hari terakhir, membuat jalan poros Maros-Bone mengalami longsor, Kamis malam (14/01/2021). Salah...

    Reskrim Polsek Tanralili Tangkap Pelaku Copet di Pasar Tanralili

    Maros - reakspress.com - Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Tanralili Polres Maros dipimpin Kanit Reskrim Ipda Erwin berhasil mengamankan dua pelaku copet,...

    Azhar Arsyad ‘Oppo’ Pimpin PKB Sulsel

    Makassar - reaksipress.com - H. Azhar Arsyad untuk kali kedua kembali memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan Periode 2021-2026. Pria kelahiran Makassar, 1 September...

    BNPB Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Sulbar

    Sulbar - reakspress.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia menyerahkan bantuan operasional kebutuhan pokok penanganan gempa bumi Sulawesi Barat sebanyak Empat Miliar...

    Dansat Brimob Polda Sulsel Pimpin Tim Evakuasi Korban Longsor di Majene

    Sulbar - reakspress.com - 63 personel gabungan TNI - POLRI dan Basarnas melaksanakan evakuasi korban gempa dan longsor di desa Mekatta Kecamatan Malunda, Kabupaten...