Lainnya

    Karst Maros-Pangkep, Terindah Ke-2 di Dunia

    spot_img
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Wisata – reaksipress.com – Bebatuan Karst yang terbentang dari Kabupaten Maros hingga Kabupaten Pangkep ternyata merupakan Karst Terbesar dan Terindah ke-2 di Dunia.

    Bagi para penikmat alam, karst Maros- Pangkep tidak lagi sesuatu yang asing. Karst sendiri merupakan sebuah wilayah yang berisikan batu gamping yang menjulang tinggi. Biasanya, banyak para pengunjung memanfaatkan karst sebagai lokasi foto untuk berbagai kebutuhan.

    China menjadi negara yang menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki bebatuan karst terbesar dan terindah di dunia dan Indonesia di urutan ke dua.

    Gugusan karst yang terletak 30 kilometer dari utara Kota Makasasr menjadi kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah China.

    Karst Maros dan Pangkep memiliki luas sebesar 43.750 hektar. Tetapi, sekitar 23.750 hektar masuk ke dalam Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, sedangkan sisanya sekitar 20 ribu hektar merupakan area pertambangan.

    Jika kawasan karst di tempat lain biasanya berbentuk Concicall Hill Karst atau bukitnya berbentuk kerucut, namun Karst Maros-Pangkep bentuknya justru seperti menara yang berdiri sendiri atau berkelompok.

    Tak sampai di situ, kawasan Karst Maros Pangkep juga memiliki 268 gua yang terdiri dari stalagmit dan stalaktit indah. Dan 89 di antaranya merupakan gua prasejarah yang memiliki lukisan tertua di dunia.
    Karst Maros Pangkep juga menjadi tempat tumbuhnya fauna langka dan endemik, seperti monyet hitam serta 125 jenis kupu-kupu.

    Gua tepanjang dan terdalam yang bentuknya menyerupai sumur turut berada di kawasan Karst Maros Pangkep. Untuk gua terdalam berada di kedalaman 260 meter yang berada di Leapute Leang. Sedangkan gua terpanjang ditemukan di sistem gua Salukkan Kallang dengan panjang sekitar 2.700 meter.

    Sumber : Kumparan.com

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer