Lainnya

    Jelang Lebaran,Harga Bahan Pokok Mulai Melonjak di Pasar Tramo Maros

    Maros – reaksipress.com – Jelang hari raya Idul Fitri 1442 H harga beberapa bahan pokok di Pasar Tradisional-Modern (Tramo) Maros mulai mengalami kenaikan.

    Kenaikan harga tersebut dipicu dengan meningkatnya permintaan pasar jelang hari raya, sementara suplai pemasok masih kurang dan tak mampu memenuhi kebutuhan pasar.

    Salah pedagang pedagang, membeberkan bahwa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga tentu menjadi keluhan pembeli yang memicu turunnya daya beli masyarakat.

    Beberapa bahan poko yang mengalami kenaikan seperti kacang tanah yang sebelumnya hanya dijual Rp. 24 ribu naik menjadi Rp. 27 ribu/liter. Sementara itu harga kacang tanah import biasanya dipatok dengan harga Rp25 ribu kini naik menjadi Rp29 ribu/liter. Begitupula harga bawang putih mengalami kenaikan dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu/Kg.

    Selain itu, beras import yang biasanya dijual Rp10.400 kini dijual Rp.11.400, atau per karung berisi 25 kilo dihargai Rp285 ribu. Untuk beras ketan import yang biasanya dijual Rp17 ribu naik menjadi Rp19 ribu, atau per karung berisi 25/Kg dihargai Rp470 ribu. Kemudian harga telur masih dalam kondisi stabil 40-45 per rak tergantung dari ukurannya.

    “Seperti harga kacang yang naik. Sekarang kan lagi musimnya orang buat kue,” kata Iwan salah satu pedagang di Pasar Tramo.

    Ia memperkirakan sejumlah kebutuhan pokok masih akan mengalami kenaikan hari raya.

    “Tidak bisa diprediksi harga pastinya, kemungkinan harga-harga akan terus naik, apalagi yang butuh bahan pokok banyak,” singkat Iwan.

    Sementara itu, Hasna salah seorang pembeli mengatakan harga yang melambung membuatnya kesulitan dalam mengembalikan modal, pasalnya sebagai pengelola warung makan keuntungannya juga tergantung harga bahan yang digunakan.

    “Saya punya usaha rumah makan, tapi karena harga sembako naik jadi saya setengah mati untuk keliling cari harga termurah, apalagi mau lebaran.” Kata Hasna.

    Namun selain naiknya beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan beberapa juga masih relatif stabil seperti beras kualitas standar turun harga dari Rp8.500 menjadi Rp.7.500/Kg. Sedangkan bawang merah yang semula dijual Rp35 ribu kini menjadi Rp25 ribu/Kg. (Gtr)

    Silahkan Berikan Tanggapan Anda

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer