Lainnya

    Inisiasi Da’i Siber Indonesia

    Artikel – reaksipress.com – Kalau baru-baru ini kepolisian RI membolehkan Satpam memakai seragam yang mirip uniform Polri, untuk mendekatkan masyarakat dengan kepolisian.

    Kali ini, Kepolisian Resor (Polres) Kebupaten Maros membuat sejarah dengan membentuk Da’i Siber Indonesia (DASI). Sejarah baru kini terukir, khususnya di dunia dakwah. Sebab komunitas dakwah atau tema dakwah tentang siber jarang dikupas oleh khatib di mimbar.

    Polres Maros bekerja sama dengan lembaga penulis Pusat Pendidikan Da’i Kamtibmas (PPDK) Yayasan TCM membentuk dan menginisiasi Da’i Siber Indonesia.

    Nama Dai Siber diberikan oleh Kapolres Maros, AKBP. Musa Tampubolon, S.IK., S.H., penulis kemudian menambahkan kata Indonesia. Harapannya agar media dakwah yang baru ini, kelak akan membumi dan terbentuk di seluruh Indonesia.

    Apa lagi saat ini zaman 4.0 lebih separuh penduduk Indonesia telah menjadi pengguna internet atau dunia siber. Secara otomatis akan ada dampak negatifnya. Seperti membuat dan menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian yang dapat menggangu situasi Kambtibmas.

    Dunia maya juga tak sedikit dijadikan sebagai sarana kejahatan, seperti untuk melakukan penipuan. Seperti kasus yang sempat viral yakni ‘Pasobis’. Kelompok penipu yang berdomisili di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan namun korbannya berasal dari berbagai provinsi di iIndonesia.

    Penulis dipercayakan penuh oleh Kapolres Maros untuk mengkonsep kegiatan tersebut perdana itu. Dari mulai, mengudang para tokoh agama: Ketua MUI Maros, Ketua Ormas NU dan Muhammadiyah, para penyuluh agama Islam dari kalangan PNS maupun Non PNS.

    Juga mengundang da’iah, sebab banyak korban penipuan di internet dari kalangan wanita. Sehingga itu dilibatkan muballighah untuk ikut diklat DASI. Supaya saat membina majelis taklimnya memperingati dan selalu waspada terhadap penipuan di internet.

    Kuota peserta dari panyuluh agama Kemenag Maros paling banyak yakni 28 orang. Ini bukti bahwa penulis atensi teman-teman dari kalangan mereka. Bahkan ada yang penulis undang langsung, tak melalui Kemenag Maros. Tetapi hubungan pribadi. Sebab mereka tokoh tarikat dan ada mantan atasan penulis.

    Tidak menyangka pendaftar yang ingin bergabung menjadi DASI sangat banyak. Sebab kuota hanya 50 orang gelombang 1 diklat DASI. Sehingga selebihnya jadi cadangan jika dari 50 pendaftar ada yang mengundurkan diri.

    Hal yang menarik dari DASI ini yakni seluruh peserta diberikan rompi yang telah dibordir dan KTA DASI. Tertulis di rompinya DASI (Da’i Siber Indonesia) lengkap dengan nama dan lambang lembaga penulis dan lambang Polres Maros.

    Saat launchin DASI pada Kamis, 17 September 2020 di Baruga Pemkab Maros. Mewakili Kapolda Sulsel yakni Kepala Subdit Pemolisian Masyarakat AKBP Burhan, memuji terbentuknya DASI. Sebuah inovasi baru yang belum ada sebelumnya.

    Penulis juga memberikan kata sembutan saat launching. Bahwa baru kali ini pidato dihadapan para tokoh agama dengan mengunakan dasi. Sebabnya karena gerbong dakwah baru ini bernama DASI. Juga mengambil semangatnya.

    Sementara sambutan dari Kapolres Maros yang diwakili Kasat Binmas AKP Ismail Samad. Menyampaikan permohonan maaf, dikarenakan dua pimpinannya tidak bisa hadir. Sebab Kapolres Maros ke Medan ayahnya masuk ICU. Sementara Wakapolres berduka ibunya meninggal dunia.

    Saat sesi diklat tentang dunia siber di isi oleh pemateri dari bagian cyber crime Polda Sulsel. Mereka lalu memparkan tentang contoh berita hoax, ujaran kebencian dan hal yang dapat merusak ketertiban dan juga menggangu keamanan masyarakat.

    Hal-hal tersebut hendaknya perlu disampaikan ke masyarakat saat khutbah dan ceramah. Dikarenakan berimplikasi hukum dan dapat dipidana. Juga materi tentang ciri berita hoax dan cara mengetahui.

    Meski singkat, sebab panitia yakin bahwa diklat ini hanya formalitas. Bahan ceramah untuk tema hoax, ujaran kebencian dan penipuan dapat diaskes di internet. Apa lagi semua peserta memiliki smart phone yang dapat digunakan.

    Usai acara diklat semua peserta mengapresiasi. Banyak peserta mengatakan, “luar biasa diklat ini banyak saya bawa pulang. Yakni rompi, KTA DASI, sertifikat dan uang transfor.” Ucap pimpinan Ponpes DDI Ammesangen Ustad Kamaruddin Saeni, Bc.Hk.,S.Ag.

    Penulis duduk berdampingan dengan pejabat yang mewakili Bapak Kapolda Sulsel. Lalu sempat penulis berujar, “bagaimana kalau Da’i Siber Indonesia ini dibuat tingkat Polda Sulawesi Selatan?” usul penulis.

    Ditangapi oleh Kasubdit Polmas AKPB Burhan positif dan berucap, “nanti ustadz kemunikasi dengan Pak Ahmad pegawai di bagian kantor saya di Polda.” ucapnya.

    كُنتُمۡ خَيۡرَ أُمَّةٍ أُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَتُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِۗ

    Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. QS. Ali ‘Imran: 110

    SELALU ADA INOVASI JIKA KITA PEDULI DAN IKHLAS BERDAKWAH

    Kajian Dai Kamtibmas/Penyuluh Agama Islam Non PNS/DANI-Dai Anti Narkotika. BY: Hamka Mahmud Seri 583 HP: 081285693559

    Editor : MR

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    DPC PKB Maros Siap Gelar Pra Muscab

    Maros - reaksipress.com - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Maros, menggelar rapat koordinasi menjelang pelaksanaan kegiatan Pra Muscab. Rapat yang digelar di...

    Bupati Maros Terpilih Hanya Menjabat 3,5 Tahun

    Maros - reaksipress.com - Hal yang harus diterima oleh Kepala Daerah terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, ialah masa jabatannya dipersingkat dengan kurun...

    Tingkatkan Mutu Pelayanan, Polres Maros Resmikan Gedung Baru

    Maros - reaksipress.com - Berbagai upaya terus dilakukan Polres Maros untuk meningkatkan Kualitas layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan membangun fasilitas penunjang pelayanan publik....

    Polres Maros Gelar Vaksin Covid-19 Tahap 2

    Maros - reaksipress.com - Sebanyak 50 personil Polres Maros mengikuti pencanangan vaksin Covid-19 tahap II yang digelar Polres Maros. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

    Polsek Turikale Ungkap Kasus Pencurian Sepeda

    Maros - reaksipress.com - Kepolisian Sektor Turikale Polres Maros berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan pencurian sepeda, Selasa ((02/03/2021). Pengungkapan kasus berawal dari laporan polisi LP/15/II/2021/PSS/Res.Maros/Sek....

    Jelang Pra Muscab, 14 Pimpinan DPAC Solid Dukung Havid Fasha Kembali Pimpin PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Menjelang pelaksanaan Pra Musyawarah Cabang Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Maros, Pimpinan Kecamatan atau Ketua Tandfiz Dewan...