Lainnya

    Gerakan Cegah Covid-19 di Maros Dilakukan Hingga Kelurahan

    Maros – reaksipress.com – Pemerintah daerah Kabupaten Maros melalui Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengumumkan sejumlah imbauan kepada masyarakat terkait penanganan coronavirus.

    Apalagi penyakit yang disebabkan infeksi coronavirus atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah menjadi pandemi global. Di Maros, tercatat ada 7 orang warga yang positif terinfeksi Covid-19. Pemkab Maros sudah menetapkan status waspada terhadap situasi ini.

    Imbauan untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga terus dilakukan, di antaranya dengan social distancing dan work from home atau WFH, juga physical distancing, terbaru penggunaan masker bagi warga. Imbauan-imbauan telah disebar luas, termasuk oleh pemerintah daerah Kabupaten Maros.

    Sosialisasi terkait upaya pencegahan penyebaran coronavirus dan imbuan juga dilakukan hingga tingkat pemerintah kelurahan dan desa.

    Seperti di Kelurahan Soreang Kecamatan Lau Kabupaten Maros, yang gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui spanduk dan kunjungan langsung ke warga.

    Lurah Soreang, Burhan Jaya mengatakan, selain imbauan dan kunjungan langsung, pihak kelurahan juga melakukan gerakan cegah Covid-19, bersama Babinsa dan Bhabinkantibmas serta tim kesehatan Puskesmas Lau aktif melakukan pemantauan, terutama kepada warga yang baru datang.

    “Kita proaktif memberikan informasi agar masyarakat dapat memahami upaya memutus mata rantai penyebaran virus. Jangan keluar rumah jika tidak mendesak, karena kita tidak pernah tahu pulang bawa virus atau tidak,” ujarnya, Senin (6/4/2020).

    Melalui sosialisasi, pihaknya berharap masyarakat dapat memahami dan mengerti pentingnya mengikuti imbauan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran coronavirus.

    Sekretaris Lurah Soreang, Ilham Halimsyah menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun di depan kantor Kelurahan, serta aktif melakukan menyemprotan disinfektan pada sarana umum dan di lingkungan pemukiman warga.

    Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan bersama pemuda melalui Karang Taruna Kelurahan Soreang, di hampir semua rumah warga dan lingkungan sekitarnya, masjid dan sekolah.

    “Sebelumnya penyemprotan cairan disinfektan telah dilakukan di masjid-masjid di Soreang oleh Tim PMI Maros dan tim Baznas Maros Peduli. Selanjutnya penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan secara mandiri oleh para pemuda yang berkoordinasi dengan RW dan RT,” jelasnya.

    Selain itu, dilakukan pula penyemprotan cairan disinfektan pada kendaraan yang memasuki wilayah Kelurahan Soreang, sembari membagi-bagikan masker kepada warga yang melintas, yang belum memakai masker.

    “Kita harus bersama-sama melawan bencana wabah penyakit Covid-19 ini. Kita melakukan upaya pencegahan sesuai kemampuan sebagai bagian dari kepedulian. Semoga wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir. Selain ikhtiar, kita juga mesti selalu berdoa,” tambahnya.

    Menurutnya, beberapa warga belum bisa tetap di rumah, mereka masih harus keluar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, karena itu pihaknya membagikan masker. Namun bagi warga yang tidak memiliki keperluan yang terlalu mendesak, tetap dimbau agar tetap di rumah saja.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    Milad Pertama KPA Baterfly Maros

    Maros - reaksipress.com - Bertempat di Hutan Jati Pattunuang, Komunitas Pecinta Alam(KPA) Butterfly mengadakan Milad pertama pada Sabtu malam (20/02/2021). Rencansnya, kegiatan...

    Bersama Hidayatullah Langkat, BMH Gelar Syukuran Penggunaan Perdana Masjid Al-Fatah

    Nasional - reaksipress.com - Pondok Pesantren Hidayatullah bersama BMH menggelar kegiatan silaturrahim tokoh dan syukuran pemanfaatan perdana Masjid Al-Fatah, Ahad (21/2) di Desa Pekan...

    Bupati Maros Terpilih Hanya Menjabat 3,5 Tahun

    Maros - reaksipress.com - Hal yang harus diterima oleh Kepala Daerah terpilih pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, ialah masa jabatannya dipersingkat dengan kurun...

    ‘AMURE’ Kunjungi DPC PKB Maros

    Maros - reaksipress.com - Anggota DPR-RI Fraksi PKB dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan II, H. A. Muawiyah Ramly, M. Si., mengunjungi Kantor DPC PKB...

    Aklamasi, Agus BJ Pimpin Karang Taruna Maros

    Maros - reaksipress.com - Temu Karya Karang Taruna Kabupaten Maros yang digelar di Villa Iluna Kecamatan Tompobulu memilih secara aklamasi Agus BJ sebagai ketua...

    BMH Bantu Operasi Apendiks Da’i Pedalaman Sumatera Utara

    Nasional - reaksipress.com - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak menebar manfaat dan kepeduliaan kepada masyarakat luas yang membutuhkan. Terlebih kepada para dai yang...