Lainnya

    Disbudpar Maros Apresiasi Workshop Geopark Maros-Pangkep

    Maros – reaksipress.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros memberikan dukungan penuh kepada Badan Pengelola (BP) Geopark Nasional Maros-Pangkep untuk bergabung dalam Global Geopark UNESCO.

    Hal itu diungkapan langsung Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Maros, Yusriadi Arief, dalam sambutannya pada pembukaan Workshop Geopark Youth Forum bertema Peran Pemuda dalam Pelestarian dan Pengembangan Kawasan Geopark Maros-Pangkep di Kawasan Wisata Alam Bantimurung, Kabupaten Maros, Ahad (08/03/2021).

    Menurutnya, percepatan terwujudnya Geopark Nasional Maros-Pangkep untuk bergabung dalam Global Geopark UNESCO masuk dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Kabupaten Maros pada sektor pariwisata.

    “Alhamdulillah, kita melihat progres teman-teman BP Geopark Maros-Pangkep sangat signifikan, kita pasti sangat apresiasi hal ini dan pada kesempatan ini, saya juga ingin sampaikan dukungan Bapak Bupati Maros, Chaidir Syam dan ibu Wabup Suhartina Bohari dalam program 100 hari kerjanya yang memprioritaskan program Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep,” jelasnya.

    Sementara itu, General Manager (GM) BP Geopark Maros-Pangkep, Dedi Irfan mengungkapkan hadirnya Youth Forum sebagai salah satu bagian dari BP Geopark Maros-Pangkep, yang merupakan kumpulan generasi muda yang akan mendukung kinerja BP Geopark Maros-Pangkep.

    “Peran pemuda untuk menjadi agen perubahan dalam lingkungan site yang berada di kawasan Geopark ini angat diperlukan untuk menjadi generasi penerus terkait konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat,” bebernya.

    Dedi Irfan melanjutkan, kehadiran Youth Forum Geopark Maros-Pangkep juga akan saling mendukung beberapa kegiatan seperti pengelola geosite dan pemandu geoapark.

    “Anggota dari youth ini merupakan pemuda-pemudi yang dibekali pengetahuan yang berada di site geopark untuk bisa membantu badan pengelola, pemerintah dan stake holder terkait untuk mensosialisasikan manfaat geopark. Termasuk membangun rasa cinta terhadap geopark,” jelasnya.

    Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Dewan Pengarah BP Geopark Maros-Pangkep, AM. Irfan AB, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Disbudpar Pangkep dan Maros.

    Diwaktu yang sama. Yohannes Benediktus sebagai Ketua Umum Forum Community Geopark Maros-Pangkep menjelaskan bahwa kegiatan workshop ini berlangsung meriah dan dihadiri seluruh rekan-rekan yang telah diamanatkan dalam mengenalkan dan memberi pemahaman tentang Geopark yang ada di kawasan Maros-Pangkep.

    “Alhamdulillah sejak pagi kita sudah melihat antusiasme teman-teman dan semoga kedepannya ini menjadi jembatan untuk teman-teman agar lebih mendalami peran dan fungsi dibentuknya Youth Forum Community ini, ” Kata Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah Unhas itu.

    “Semoga kedepan peran kami semua mampu menginisiasi masyarakat tak hanya di Kabupaten Maros-Pangkep namun juga mancanagera, apalagi kita ketahui Geopark ini telah diakui oleh UNESCO jadi perlu kita edukasi dan rawat dengan baik, ” tutup Yohanes Benediktus.

    Laporan : Guntur Rafsanjani

    Silahkan Berikan Tanggapan Anda

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer