Lainnya

    Desa Bontomanurung Gelar Pesta Panen

    Maros – reaksipress.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Maros terus menjaga segala bentuk potensi wisata yang ada untuk melestarikan sekaligus, memberikan nilai ekonomi bagi pelaku budaya itu sendiri.

    Salah satunya adalah menghadiri dan memberi support terhadap kegiatan budaya kearifan lokal di Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

    Kegiatan adat Pesta Panen yang dipusatkan di Dusun Baru pada Senin (14/07/2020) merupakan kegiatan budaya yang dilakukan warga setempat secara turun temurun oleh masyarakat setempat.

    Ritual pesta panen yang digelar dua tahun sekali ini dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada leluhur mereka yang pertama kali menginjakkan kaki di kawasan pegunungan Pung Bunga, agar pada saat masa panen tiba, padi-padi yang ditanam terbebas dari hama dan segala malapetaka.

    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang turut ambil bagian dalam kegiatan budaya ini mengatakan bahwa peran pemerintah dalam pelestarian budaya sangat penting untuk menjaga warisan leluhur dan kearifan budaya lokal.

    “Prosesi adat yang digelar oleh masyarakat memang harus kita explore sebagai bukti bahwa Maros memiliki potensi keberagaman, baik itu bahasa, budaya dan adat serta latar belakang kehidupan.” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Maros bersemangat.

    Ia berjanji bahwa bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai wakil Pemerintah Kabupaten Maros akan selalu hadir disetiap kegiatan budaya sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam pelestarian budaya.

    Sementara, Pemangku adat Desa Bonto Manurung, Muhammad Rusli, menjelaskan bahwa dalam pesta panen digelar permainan rakyat ‘Balianja’ yang berarti adu kuat betis, serta kegiatan adat ‘Nganre Ada’ yang berarti makan adat dan ‘Adengka’ yang berarti menumbuk padi.

    “Dalam masyarakat adat kami, kami memiliki Penati atau Karaeng (Raja Bugis-Makassar) sebagai pimpinan tertinggi. Yang bertugas untuk mengambil segala keputusan guna mempertimbangkan tentang padi siapa yang akan ditanam lebih dulu.” terang Muhammad Rusli.

    Rencananya, setelah prosesi adat selesai dilaksanakan di Desa Bonto Manurung, masyarakat Kecamatan Tompobulu akan melakukan kegiatan yang sama di Desa Bonto-bonto pada Senin pekan depan.

    Laporan : Guntur Rafsanjani
    Editor : MR

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    GP Ansor dan Pemateri Kamtibmas

    Opini - reaksipress.com - Selain pemateri dari TNI, Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) I GP Ansor Maros juga diisi dari Polri yang dilaksanakan di Pondok...

    Duta Maros Tingkat Nasional Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

    Maros - reaksipress.com - Jelang perhelatan ajang Pemilihan Duta Kampus Tingkat Nasional tahun 2021 yang akan digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta, Mutmainnah, mantan Ketua...

    BMH Bantu Operasi Apendiks Da’i Pedalaman Sumatera Utara

    Nasional - reaksipress.com - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak menebar manfaat dan kepeduliaan kepada masyarakat luas yang membutuhkan. Terlebih kepada para dai yang...

    HPPMI UMI Gelar Diskusi ‘Oligarki Menang Lagi’

    Maros - reaksipress.com - Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Komisariat Universitas Muslim menggelar diskusi terbuka disalah satu warkop di kawasan Kuliner PTB, Kelurahan...

    Bersama Hidayatullah Langkat, BMH Gelar Syukuran Penggunaan Perdana Masjid Al-Fatah

    Nasional - reaksipress.com - Pondok Pesantren Hidayatullah bersama BMH menggelar kegiatan silaturrahim tokoh dan syukuran pemanfaatan perdana Masjid Al-Fatah, Ahad (21/2) di Desa Pekan...

    Polres Maros Ingin Penyandang Disabilitas Dapat Pelayanan Prima

    Maros - reaksipress.com - Polres Maros menyediakan layanan ramah penyandang disabilitas atau difabel. Peningkatan fasilitas pelayanan publik ini guna mewujudkan program Kapolri Listyo Sigit...