Lainnya

    Cenrana Siap Perkaya Destinasi Wisata di Maros

    Berita – reaksipress.com – Pemerintah Desa Kecamatan Cenrana menggelar agenda workshop pembinaan OKP, Organisasi dan lembaga kepemudaan, di rumah makan Family, Jalan Poros Maros-Cenrana, Desa Limapoccoe, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sabtu (17/10/2020)

    Workshop bertema “Peran OKP dan BUMDES dalam pengembangan destinasi wisata alam untuk peningkatan perekonomian masyarakat” dihadiri puluhan peserta mewakili berbagai organisasi seperti Karang Taruna, Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar, serta para kepala desa se-Kecamatan Cenrana.

    Pemantik pada kegiatan tersebut antara lain, Camat Cenrana Suardi Sawedi, Kepala Bidang pariwisata Yusriadi Arief SS, Staff Komisional Kementrian Desa Drs.H A. Rijal Kadir, MM.

    Camat Cenrana, Suardi Sawedi pada narasi dialognya menuturkan “Kegiatan ini merupakan evaluasi, dimana kita membuat BUMDES bersama dan juga harus memiliki kesepakatan yang sama sehingga pada dialog ini kita akan berbicara banyak mengenai pemanfaatan potensi wisata yang berada di Kecamatan Cenrana,” katanya.

    Ia juga menuturkan bahwa ini adalah langkah awal yang baik karena melibatkan akademisi dan ahli dalam pemanfaatan BUMDES dalam pengelolaan objek wisata.

    Dikesempatan itu pula, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Yusriadi Arief mengatakan bahwa teknis pengelolaan objek wisata di setiap desa akan dibicarakan di tiap-tiap desa.

    “Untuk pengelolaan potensi objek wisata nantinya akan kembali didiskusikan kepada masyarakat desa melalui masing-masing kepala desa, agar kita sama-sama mengetahui apa kekurangan disana supaya bisa kembali dibahas pada pertemuan selanjutnya,” paparnya.

    Dalam paparan materinya, Drs.H A. rijal Kadir MM, yang membawa materi manajemen BUMDES, menuturkan “kita juga memberi gambaran tentang manajemen BUMDES, menjelaskan tentang bagaimana perencanaan seperti meliputi pendirian, pembentukan, dan perencanaan pengelolaan. Contohnya seperti bagaimana caranya melihat potensi desa, apakah layak untuk dilakukan pemberdayaan ekonomi kreatif atau memiliki peluang lainnya” kata Rijal Kadir.

    Camat Cenrana saat menutup kegiatan juga menyampaikan bahwa setelah semua pertimbangan dari hasil kegiatan workshop, pihaknya akan melakukan pemantapan dan berdiskusi dengan kepala desa.

    Laporan : Guntur Rafsanjani
    Editor : MR

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer

    BNPB Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Sulbar

    Sulbar - reakspress.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia menyerahkan bantuan operasional kebutuhan pokok penanganan gempa bumi Sulawesi Barat sebanyak Empat Miliar...

    Bupati Maros Jalani Vaksin Covid-19

    Maros - reaksipress.com - H.M. Hatta Rahman, M.M., menjadi orang pertama yang melakukan vaksin Covid-19 di Kabupaten Maros. Bupati Maros bersama beberapa pimpinan Forum Komunikasi...

    Bersama Gubernur, Kapolda Sulsel Tinjau Lokasi Gempa di Sulbar

    Sulsel - reakspress.com - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda) Irjen. Pol. Merdisyam, M.Si., bersama Gubernur Suawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin...

    Reskrim Polsek Tanralili Tangkap Pelaku Copet di Pasar Tanralili

    Maros - reakspress.com - Unit Reskrim dan Intelkam Polsek Tanralili Polres Maros dipimpin Kanit Reskrim Ipda Erwin berhasil mengamankan dua pelaku copet,...

    Dansat Brimob Polda Sulsel Pimpin Tim Evakuasi Korban Longsor di Majene

    Sulbar - reakspress.com - 63 personel gabungan TNI - POLRI dan Basarnas melaksanakan evakuasi korban gempa dan longsor di desa Mekatta Kecamatan Malunda, Kabupaten...

    Peduli Gempa Mamuju, Brimob Polda Sulsel Kirim Bantuan ke Sulbar

    Sulsel - reaksipress.com - Gempa bumi terjadi di Provinsi Sulawesi Barat yang berpusat di Kota Mamuju. Sejumlah bangunan di Kota Mamuju roboh akibat gempa...