Lainnya

    Cempaka Putih, Bunga penuh mistik

    - Advertisement -
    - Advertisement -
    - Advertisement -

    Kembang kantil atau cempaka putih sering kita temukan saat pernikahan. Bunga yang berwarna putih ini biasanya dipakai untuk hiasan sanggul perempuan dan hiasan di keris yang dipegang oleh pengantin lelaki (jika memakai senjata keris).

    Selain sebagai pelengkap pernikahan, di Bali bunga ini digunakan untuk berbagai upacara adat dan sering menghiasi area makam. Singkatnya, bunga kantil dianggap memiliki aura mistis tersendiri. Tapi apakah memang begitu, Sahabat? Baca ulasan berikut ini.

    Bunga yang disukai oleh makhluk halus

    Tanaman kantil [Sumber gambar]

    Bunga kantil biasanya bisa ditemukan di sekitar area pemakaman. Tak heran jika ia kerapkali diakaitkan dengan hal-hal mistis. Selain itu, kantil konon juga disebut sebagai rumah favorit makhluk halus, karena mereka menyukai aroma manis dan wangi dari bunga kantil. Yang sering disebut sering menghuni pohon kantil adalah kuntilanak. Jadi,

    Memakan kantil bisa membuat awet muda

    Sering mendengarkan ada orang yang suka memakan bunga-bunga sebagai syarat agar awet muda, seperti yang dilakukan oleh Nyi Roro Kidul. Hal ini ternyata memang bukan mitos belaka, salah satunya adalah bunga kantil. Melansir dari anehdidunia.com, menurut penelitian sains, orang yang rutin mengkonsumsi kantil akan sulit menua dan senantiasa terlihat lebih muda dari usianya. Bunga ini ternyata juga bisa menyembuhkan vertigo, keputihan, sinusitis, serta radang saluran pernapasan.

    Bisa dijadikan sebagai media pelet

    Bisa dijadikan media pelet [Sumber gambar]

    Menurut cerita sebagian orang nama kantil sendiri berasal dari kata ‘kemantil-mantil’ yang artinya selalu terngiang-ngiang (teringat). Selain untuk syarat kecantikan, kantil juga digunakan sebagai media pelet. Wanita bisa menggunakan bunga ini untuk memikat hati orang yang ia cintai, sehingga orang tersebut akan selalu mengingatnya. Namun, untuk membuat pelet bekerja, seseorang haruslah melakukan beberapa ritual seperti puasa mutih, bersemedi, serta memakai mori (kain kafan).

    Bunga penangkal sawan anak kecil

    Anak kecil yang sawan [Sumber gambar]

    Sawan, merupakan kejadian yang biasanya dialami oleh anak kecil. Mereka akan lebih rewel, menangis terus, serta panas suhu tubuhnya padahal tidak bermasalah secara medis. Nah, di Jawa, orang percaya bahwa anak kecil yang sawan tak lain karena diikuti atau digoda oleh makhluk halus. Oleh karenanya makhluk tersebut bisa diusir menggunakan bunga kantil. Sehingga sang makhluk akan lepas dan membuat anak kecil tenteram.

    Tetapi kembali lagi ke diri masing-masing. Namanya juga mitos, ada yang percaya ada juga yang tidak. Karena hal ini sudah dipercaya turun temurun dari zaman nenek moyang kita, maka ada banyak sekali yang menuturkan bahwa mereka memang pernah membuktikan kebenarannya.

    - Advertisement -

    © Copyright 2023, Semua hak dilindungi undang-undang. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

    Kapolres Gowa Turun Langsung Atur Lalulintas Demi Kelancaran Arus Mudik

    Gowa - Reaksipress.com - Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., bersama...

    Kapolres Gowa Bersama PJU Pantau Arus Mudik Lebaran di Jembatan Kembar Sungguminasa

    Gowa - Reaksipress.com - Memasuki H-2 Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Kapolres Gowa,...

    Kasus Pengadaan Bibit Kopi di Enrekang, Tiga Terdakwa Divonis Bebas Oleh Pengadilan

    Reaksipress.com — Maros — Tiga terdakwa dugaan korupsi pengadaan bibit kopi UPT Kesatuan Pengelolaan...

    Mengenal Definisi Digital Agency Dan Layanan Yang Diberikan

    Apa Itu Digital Agency ? Simak Penjelasannya Disini

    Penetapan Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengadaan dan Pemasangan CCTV Pada 30 Kelurahan di Kabupaten Pangkep Pada Tahun 2022/2023

    Reaksipress.com — Maros — Sebagaimana yang telah disampaikan pada press release sebelumnya pada tanggal...

    Samsat Maros Update Perubahan Jadwal Pelayanan Perpanjangan Pajak STNK Selama Ramadhan

    Reaksipress.com — Maros — Unit Pelayanan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Pemkab Maros) terus...