Lainnya

    Calon Tidak Lolos Seleksi Kades, Puluhan Warga Serbu DPRD

    Gowa Sulsel- reaksipress.com -Puluhan massa mendatangi kantor DPRD Kabupaten Gowa, Senin (08/10/2018), menuntut transparansi terkait tidak lolosnya salah warga yang akan maju menjadi calon kepala desa,

    Warga Desa Bonto Langkasa Utara, Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, meminta panitia dan Dinas Pemerintahan Desa menunjukkan bukti penyebab tidak lolosnya calon mereka yakni Basri Dg. Ngopo.

    Ditemui Anggota DPRD Komisi 1, mereka meminta agar keputusan itu dianulir mengingat Basri Dg. Ngopo, merupakan mantan anggota DPRD Gowa dua periode.

    “Masa mantan anggota dewan tidak lolos masuk kades. Yang nyata-nyatanya dewan bisa lolos tapi kades tidak,” ujar Daeng Bella, koordinator aksi saat berbicara di ruang aspirasi Komisi I.

    Menanggapi keinginan massa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Asrul kemudian secara detail memperlihatkan hasil pelaksanaan seleksi bakal Cakades yang meliputi tes tertulis, wawancara dan pidato.

    “Di dalam aturan, satu desa maksimal calon hanya lima, sehingga jika ada desa yang bakal calonnya lebih dari lima maka akan digugurkan berdasarkan seleksi yang dilakukan panitia,” jelas Asrul.

    Untuk lebih meyakinkan warga, Asrul kemudian memperlihatkan nilai yang dicapai Basri Dg Ngopo dalam 3 tes yang dilakukan panitia.

    “Yang bersangkutan mendapat nilai paling rendah diantara calon lainnya.”beber Asrul.

    Setelah mendapat penjelasan dan melihat bukti yang ada, warga kemudian meninggalkan ruang DPRD dengan tertib.

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer