Lainnya

    3 Cara Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

    Artikel- reaksipress.com -Menunda pekerjaan menjadi salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan anak milenial. Ada banyak alasannya mengapa mereka menunda, misalnya karena malas, pekerjaan tersebut tidak mendesak, hingga dianggap tidak penting. Meski dianggap biasa, menunda pekerjaan ternyata sama saja dengan menunda kesuksesan!

    Kalau kamu salah satu manusia yang hobi menunda pekerjaan hingga detik-detik terakhir, lebih baik segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Jika dirasa sulit, berikut ini ada beberapa cara paling efektif yang bisa dicoba. Kebiasaan menunda bisa dihilangkan, pun kesuksesan bisa segera datang!

    1. Tentukan prioritas pekerjaan
    Menurut seorang penulis buku tentang produktivitas, Jim Stone, kebiasaan menunda pekerjaan biasanya disebabkan oleh tidak adanya tujuan jelas dari sebuah aktivitas. Seseorang tidak tau apa yang akan dan mampu dihasilkan dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Pun dengan dampak aktivitas tersebut kepada orang lain.

    kebingungan tersebut membuat orang merasa malas melakukan sebuah tugas sehingga memilih untuk menundanya. Untuk mengatasi hal ini, buatlah prioritas dari pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Urutkan semua dari mulai yang penting atau paling sulit hingga yang termudah. Mulai kerjakan apa yang ada di urutan paling atas prioritas sehingga kamu punya motivasi lebih untuk menyelesaikan semuanya.

    Ada masukan lain yang dikemukakan oleh Tim Ferris. Dia menyarankan setiap orang membuat daftar pekerjaan yang mencantumkan 1 tugas yang wajib diselesaikan dalam waktu tersebut. Jika pekerjaan tersebut berhasil dan kamu merasa puas maka akan timbul semangat lebih untuk melanjutkan ke tugas selanjutnya.

    2. Saring dan kurangi informasi yang masuk ke otak
    Terutama untuk mereka yang bekerja kantoran, yang diharuskan duduk di depan komputer mengerjakan setumpuk laporan perusahaan, cara ini akan efektif. Biasanya ketika hendak mulai bekerja, kegiatan dimulai dengan mengecek berbagai pemberitahuan seperti email dan semua media sosial sehingga kemudian lupa apa yang harus dikerjakan. Agar konsentrasi terbangun dengan sempurna,kurangi informasi yang masuk ke otak.

    Fokuskan dengan informasi yang ingin di cari, jika terlanjur membuka banyak laman maka saring menjadi beberapa kategori. Misalnya informasi yang harus diperhatikan saat itu juga, informasi yang bisa dibaca nanti ketika luang, dan juga mana informasi yang tidak penting. Dengan begitu prioritas bisa tetap terjaga sehingga kamu bisa tetap fokus berada di jalur pekerjaan.

    3. Bekerja tanpa gangguan
    Ada banyak sekali gangguan atau hambatan di sekitar yang mampu membuyarkan konsentrasi terhadap pekerjaan. Misalnya saja ponsel, televisi, web-web hingga media sosial, bahkan satu saja pesan dari teman bisa seketika menghilangkan fokus yang telah dibangun dengan susah payah. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk mencari waktu dan tempat dimana kamu bisa bekerja tanpa gangguan.

    Fokus dan konsentrasi penuh pada pekerjaan selama 25 menit penuh tanpa gangguan. Jangan bicara pada siapapun, membuka hal lain yang tidak ada kaitan dengan pekerjaan, atau bahkan mengecek ponsel. Maksimalkan waktu hanya untuk bekerja kemudian setelah 25 menit ambil istirahat selama 2-3 menit untuk menyegarkan otak.

    Nah bro! itulah 3 cara paling ampuh untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Teknik di atas bisa juga digunakan untuk pekerjaan rumah, karena paling penting kamu bisa menghindarkan diri dari berbagai macam distraksi yang mungkin muncul dan mengganggu konsentrasi. Selamat mencoba!

    TV REAKSIPRESS

    Reaksi Populer