Artikel – reaksipress.com – Putri malu yang dalam bahasa latin disebut Mimosa pudica merupakan tanaman herba berupa perdu pendek yang tumbuh menjalar, berasal dari keluarga kacang polong.

Keunikan putri malu adalah daunnya yang dapat menutup atau layu dengan segera (seperti malu-malu) ketika disentuh atau ditiup. Daunnya menutup selama beberapa menit lalu akan berangsung normal kembali seperti semula.

Nama speciesnya pudica sendiri berasal dari Bahasa Latin yang berarti menciut atau malu. Daun putri malu yang menutup disebabkan karena adanya perubahan tekanan turgor yang terjadi pada tulang daun ketika ada rangsangan dari luar.

Fenomena ini disebut tigmonasti atau rangsangan sentuhan, tidak peduli dari mana arah sentuhan maka daun lain yang tidak tersentuh pun juga ikut ‘malu-malu’.

Putri malu selain unik, juga berkhasiat sebagai tanaman obat hepatitis dan obat cacingan. Di luar negeri tanaman ini disebut sensitive plant sleepy plant, atau touch me not.

Bibit ditumbuhkan dari biji dan dapat tumbuh baik dataran rendah dengan iklim panas bersuhu 30-35°C, dengan kebutuhan sinar matahari.

Editor : MR

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS