Nasional – reaksipress.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia menyisakan pilu dikalangan masyarakat, ujian datang tanpa pamit apakah kita siap atau tidak menghadapinya. Sama halnya dengan masa pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan masa berakhirnya. Banyak masyarakat menengah bawah yang terdampak Covid-19 baik itu secara ekonomi maupun kesehatan.

Hal ini menyebabkan orang-orang yang memiliki penghasilan lebih menyumbangkan bagian dari penghasilannya untuk membantu saudaranya yang kurang mampu, salah satunya dengan mendonasikan hartanya di lembaga-lembaga zakat dan kemanusiaan yang dipayungi oleh FOZ (Forum Zakat) di seluruh Indonesia, termasuk di Sumatera Utara.

Anggota FOZ Sumut terdiri dari lembaga zakat dan kemanusiaan seperti Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), DT Peduli, Rumah Yatim Ar Rahman, Ulil Albab, Human Initiative, Dompet Duafa Waspada, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Nurul Hayat Zakat Kita, Rumah Zakat, Mandiri Amal Insani Region 1, YAKESMA, Pusat Zakat Umat, Abdurrahman Bin Auf, Global Zakat (ACT), PPPA Daarul Qur’an, Yatim Mandiri, UPZ PT. Bank Sumut, YBM BRI dan Dewan Dakwah Sumut.

Pada Hari ke-27 Ramadhan bertepatan dengan 20 Mei 2020 yang merupakan Hari Zakat Nasional, Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menyampaikan laporan kegiatannya selama Bulan Ramadhan 1441 H.

Program-program anggota FOZ merangkum berbagai kebutuhan masyarakat. Program sembako untuk masyarakat kecil, pembagian masker, bantuan APD untuk tenaga kesehatan, penyemprotan desinfektan, paket berbuka puasa, santunan anak yatim dan program lainnya menjadi prioritas saat ini. Ada juga program Ramadhan untuk masyarakat kecil agar mereka juga menikmati ibadah di bulan Ramadhan tanpa khawatir kekurangan apapun.

Ketua Forum Zakat (FOZ) Sumut, Munawar, menyampaikan, “Hingga saat ini bantuan terus-menerus disalurkan oleh lembaga-lembaga anggota FOZ. Sudah puluhan ribu mustahik, tempat umum dan masyarakat luas yang mendapat kemanfaatan mulai dari bantuan sembako, bantuan masker, bantuan fasilitas dan penyemprotan desinfektan hingga bantuan di Bulan Ramadhan di berbagai Kota Kabupaten di Sumatera Utara, seperti Medan, Deli Serdang, Karo, Binjai, Langkat dan kota kabupaten lainnya.”

Tercatat sebanyak 56.907 penerima manfaat di ratusan titik diberbagai wilayah se-Sumatera Utara, yang mendapat bantuan di bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 dari 20 lembaga zakat dan kemanusiaan yang dinaungi FOZ Sumatera Utara.

Program Ramadhan yang memanfaatkan dana Zakat, Infaq, Sedekah dan dana sosial lainnya juga dimaksimalkan penyalurannya. Bantuan akan terus menerus disalurkan hingga Ramadhan berakhir dan bantuan untuk program Covid-19 juga terus disalurkan hingga masa pandemi berakhir.

“Semoga bantuan yang telah disalurkan oleh lembaga-lembaga zakat dan kemanusiaan dalam wadah Forum Zakat (FOZ) Sumut bermanfaat dan semakin luas cakupan bantuannya. Semoga masyarakat yang telah mendapat bantuan dapat melakukan aktifitas dan ibadah dengan lancar.” Kata Munawar

Diakhir Ramadhan ini kami mengajak masyarakat Sumatera Utara agar dapat mempercayakan pengelolaan Zakat Infaq Sedekahnya kepada lembaga resmi Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan pengelola zakat lainnya di bawah FOZ Sumut. Semoga para Muzakki dan calon donatur semakin tergerak dan bertambah jumlahnya agar semakin banyak orang yang dibantu. Aamiin”, Himbau Lukman A.Mutthalib, GM. BMH Perwakilan Sumatera Utara.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS