Kuliner – reaksipress.com – Sop ubi adalah masakan khas Makassar yang tampaknya belum cukup dikenal. Jangankan di luar kota, bahkan orang Makassar sendiri pun tak banyak yang tahu tentang masakan yang satu ini.

Satu dari sekian banyak kuliner khas ini diharapkan agar dalam waktu dekat ini sop ubi dari Makassar dapat dipopulerkan hingga setara dengan coto, konro, palubasa, dan berbagai sajian khas Makassar lainnya.

Sop ubi memang merupakan masakan rumahan (home cooking) yang jarang disajikan rumah makan maupun restoran. Masakan ini kadang didapatkan pada acara-acara tertentu saja semisal ngumpul keluarga, teman, arisan dan sebagainya.

Penampilan hidangan ini cukup sederhana. Disajikan di piring cekung – bukan di mangkuk – porsinya cukup mengenyangkan untuk makan siang maupun makan malam. Yang disebut ubi di sini sebenarnya adalah ubi kayu atau singkong. Singkong goreng diiris mirip dadu, dan dicampurkan ke dalam sop sebagai karbohidrat pengganti nasi.

Sop-nya sendiri sedikit lebih mirip soto secara karakteristik. Kaldu ayam bening yang sangat gurih dan segar. Isiannya adalah irisan daging sapi atau ayam, soun, tauge, rajangan seledri, dan sebutir telur rebus. Gabungan protein, karbohidrat, dan nutrisi lengkap yang cukup untuk sekali makan.

Akhir pekan dengan cuaca dingin dan basah seperti sekarang ini, sepertinya sangat cocok untuk menikmati sop ubi. Belum lagi ditambah dengan teh hangat.

Berikan Tanggapan Anda
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS