Maros – reaksipress.com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memastikan mengusung Wakil Bupati Maros, Andi Harmil Mattotorang di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Nasdem bahkan telah memaketkan Andi Toto (Harmil Mattotorang) dengan Andi Ilham Najamuddin.

Sayangnya, Nasdem tak cukup mengusung sendirian pasangan calon (Paslon) dan harus berkoalisi dengan partai lain di Pilkada Maros 2020. Nasdem hanya mengantongi lima kursi. Kurang dua kursi dari syarat mengusung Paslon.

Ketua Tim Pemenangan Andi Toto, Amin optimistis jagoannya bisa mencukupkan syarat kursi di Pilkada Maros 2020. “Inyaallah dalam waktu dekat ini, ada partai yang akan memberikan rekomendasi,” katanya saat dihubungi, Selasa (7/1/2020).

Amin mengatakan, partai yang dimaksud ialah PKS. Dimana partai ini memang memiliki dua kursi di DPRD Maros. Sehingga bisa mencukupkan syarat kursi yang dibutuhkan paket Andi Toto-Ilham Najamuddin. “Kan syaratnya ada tujuh kursi. PKS ada dua kursi, jadi saya kira sudah cukup,” ujarnya.

Untuk kekuatan, Amin tak ingin mengumbar peta kekuatan mereka. Namun dia kembali yakin bisa mendominasi di seluruh kecamatan yang ada di Maros.  “Saya tidak mau mengklaim kecamatan mana, karena kita memiliki stategi yang berbeda dimasing-masing kecamatan.B tapi kami upayakan 14 kecamatan kita harus menang,” tegasnya.

Ketua DPD PKS Maros, Kartomas mengamini bahwa partainya memang lebih dekat ke paket Andi Toto-Ilham Najamuddin. Sekali pun pihaknya juga tak menutup komunikasi dengan tiga kandidat lain seperti Chaidir Syam, Amirullah Nur dan Tajerimin.

“Dibanding ke yang lain, peluang paket Andi Toto-Ilham Najamuddin memang sangat terbuka lebar. Komunikasi kami juga lebih intens ke mereka,” ucap Kartomas saat dihubungi terpisah.

Dia juga tak menepis, PKS berpeluang besar untuk berkoalisi dan mencukupkan kursi Nasdem di Pilkada Maros 2020. Menurut Kartomas, partainya akan lebih cenderung ke paket yang memang membutuhkan tambahan kursi.

“Saat ini kan, Pak Harmil yang sangat butuh dua kursi untuk mencukupkan tujuh kursi. Tentunya kita akan mencari figur yang memang membutuhkan partai,” jelas Kartomas.

Namun demikian, Kartomas tetap menunggu arahan dari pusat. “Kita tunggu saja finalnya dari DPP. Dalam waktu dekat, rekomendasinya akan keluar,” tutupnya.

Sebelumnya, satu Paslon juga sudah terbentuk di Pilkada Maros 2020. Ialah Chaidir Syam dan Suhartina Bohari yang bakal diusung oleh PAN dan PBB.

Berikan Tanggapan Anda
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS