Maros – reaksipress.com – Memeriahkan tahun baru 1441 hijriah, ratusan warga dan santri di Kelurahan Soreang Kecamatan Lau Kabupaten Maros melakukan jalan santai, Minggu (1/9/2019) pagi.

Peserta jalan santai terdiri dari warga dari setiap RW dan RT, murid dan siswa SD dan SMP lingkup Kelurahan Soreang. Serta siswa madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah dan santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Maros.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ikatan Remaja Masjid Nurul Jamaah (Irmajuna) Soreang, Karang Taruna dan pemerintah setempat tersebut, diikuti sekira 700 peserta.

Dengan rute jalan santai mengelilingi wilayah Kelurahan Soreang, sepanjang kurang lebih 5 kilometer, peserta nampak antusias dan gembira. Rute ini melewati Lingkungan Soreang ke Lingkungan Macoa, yang melewati wilayah Kelurahan Allepolea dan Kelurahan Maccini Baji.

Lurah Soreang, Andi Arham Rizkiawan mengatakan, tahun baru 1 Muharram merupakan hari penting dan bersejarah bagi umat Islam sebagai awal tahun baru.

Hari ini juga menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

“Merayakan atau memperingati tahun baru Islam 1 Muharram hakikatnya adalah mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan memetik hikmah untuk menjalani kehidupan di masa kini,” ujarnya, didampingi Sekretaris Lurah Soreang, Ilham Halimsyah.

Dia menambahkan, kegiatan jalan santai 1 Muharram merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Dalam jalan santai ini panitia menyiapkan hadiah yang diundi di akhir kegiatan.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS