Beranda Berita HPPMI Maros Desak DLH Tutup PT INDOMAKMUR

HPPMI Maros Desak DLH Tutup PT INDOMAKMUR

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Maros kembali melakukan aksi demonstrasi, Senin (02/09/2019) di Depan kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maros dan Gedung DPRD Maros.

Mereka menuntut agar Perusahaan PT. Indo Makmur Agar-Agar yang terletak di Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, untuk segera ditutup.

Syaifullah selaku Kordinator Lapangan mengatakan bahwa aksi ini dilakukan karena perusahaan telah melakukan pencemaran lingkungan. Limbah yang dikeluarkan berbau busuk menyengat sehingga mengganggu aktivitas warga sekitar pabrik.

Selain itu, limbah yang dihasilkan dari pengolahan produksi pihak perusahaan telah di insfeksi anggota Anggota DPRD Maros Komisi II. Meski dianggap telah melanggar namun aktifitas pabrik tetap berjalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maros, Frans Johan mengatakan bahwa memang PT. Indo Makmur tidak memiliki kelengkapan administrasi. Mereka hanya memiliki UPL dan UKL namun dengan luas lahan yang dimiliki pihak perusahaan harus memiliki AMDAL.

Frans Johan menambahkan, tindakan di Dinas Lingkungan Maros hingga saat ini hanya sebatas administrasi karena kami tidak mempunyai tenaga yang bisa melakukan proses penyelidikan. 

Namun saat ini dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maros telah menyurat ke Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK) Provinsi Sulsel dan rencananya Gakkum baru bisa terjadwal datang pada Tanggal 09 September nanti.

“Pada saat RDP Mengenai Perusahaan itu di kantor DPRD Maros, Dinas Lingkungan Hidup Maros menegaskan akan melakukan tindakan Proses hukum sesuai Aturan UU No 32 Tahun 2009. Dan kami juga selalu melakukan kordinasi kepada Reskrim Polres Maros untuk melakukan tindakan Hukum.” jelasnya.

“Mudah – Mudahan Gakkum hadir dan bisa memutuskan tentang apa rekomendasi kami di dinas Lingkungan Hidup. Jika kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Gakkum barulah kami bisa melakukan tindakan.” Tutup Kadis LH Maros.

Laporan : Isla

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Maulid Nabi Di Mata Ilham Nadjamuddin

Maros.reaksipress.com - Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia, termasuk Indonesia. Di masa...

Ilham Nadjamuddin Hadiri Perayaan Maulid “Lompoa” di Tanralili

Maros.reaksipress.com - Calon wakil Bupati Maros HA Ilham Nadjamuddin, memenuhi undangan warga Dusun Billa, Desa Damai, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, dalam rangka perayaan maulid...

Diza Minta Kader SAPMA Maros Fokus Ukir Prestasi

Maros - reaksipress.com - Dialog Sumpah Pemuda yang dilaksanakan Pemuda Pancasila Kabupaten Maros dihadiri langsung oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sulawesi Selatan, Diza...

Tumbuhkan Ekonomi Keluarga, BMH Bantu Usaha Ibu Wahyuni

Nasional - reaksipress.com - Konsistensi BMH dalam menghadirkan solusi terhadap problem masyarakat senantiasa terus dipelihara melalui berbagai program yang menyentuh langsung kehidupan dan kebutuhan...

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS