Beranda Berita Amien Rais Curiga Pemindahan Ibu Kota RI Adalah Pesanan China

Amien Rais Curiga Pemindahan Ibu Kota RI Adalah Pesanan China

Nasional – reaksipress.com – Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais mencurigai keputusan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) memindahkan ibu kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan pesanan Tiongkok.

Menurutnya, pemindahan ibu kota bukanlah hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Sesungguhnya memindah Jakarta ini bukan karena menunggu studi Bappenas, itu studi Beijing. Itu jelas sekali,” ucapnya saat menjadi pembicara kunci pada seminar bertema Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa kemarin.

Guru besar ilmu hubungan internasional itu menambahkan, saat ini ada persaingan antara Tiongkok dan Amerika Serikat untuk guna memperebutkan pengaruh global. Terlebih dari sisi militer, Tiongkok hampir menyamai kekuatan Amerika Serikat.

“Jadi saya pikir pemindahan ibu kota itu akan mempercepat pengambilalihan kedaulatan Indonesia oleh Republik Rakyat China,” ujar mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Rabu (4/9/2019).

Dia menegaskan, pemindahan ibu kota dari Pulau Jawa ke Kalimantan seharusnya didasari kajian tentang aspek kedaulatan. Menurutnya, di sisi utara Pulau Kalimantan ada Laut China Selatan.

Di sisi lain, Tiongkok punya program Jalur Sutra Modern yang dikenal dengan sebutan One Belt One Road (OBOR). Karena itu mantan ketua umum Muhammadiyah tersebut menduga pemerintahan Presiden Jokowi hendak menyerahkan proyek-proyek strategis ke Tiongkok.

Menurutnya, pada April lalu pemerintahan Presiden RI, Jokowi mengirim utusan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) II OBOR di Beijing. Politikus berjuluk Tokoh Reformasi itu pun makin yakin bahwa Presiden Jokowi menjalankan agenda Tiongkok.

“Kita menjual sekian puluh infrastruktur yang kemudian kalau diberikan ke China. Bahkan China mengatakan kami bisa bangun PLTU, bandar udara, pelabuhan lau, dan segala macam dan itu yang sedang dijalankan Pak Joko itu. Joko Widodo maksud saya,” tandasnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...

LBC Maros Kembali Gelar Pameran Bilah Pusaka di Rammang-rammang

Maros - reaksipress.com - Lembag Badik Celebes (LBC) Maros menggelar agenda Konservasi budaya sekaligus melakukan pengukuhan pengurus Periode 2020/2025 di Pegunungan Barakka Dusun Salenrang,...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS