By SEHAT PEDIA, Karena di dalam air mentah banyak terdapat kuman dan bakteri berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan.

Pergerseran jaman ke era yang lebih modern membuat masyarakat mulai menggunakan air isi ulang karena lebih praktis dan bisa langsung diminum. Harga yang terjangkau membuat orang banyak memilih air isi ulang daripada harus memasak air.

Sebenarnya mengkonsumsi air minum isi ulang mungkin saja dapat menyebabkan berbagai macam pernyakit yang disebabkan kuman dan bakteri. Seperti sakit perut contohnya. PROMOTED CONTENTAdskeeper (Bahaya Mikroplastik di Air Minum Kemasan Totalnya ada 38 kriteria uji )

Air isi ulang ternyata membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh. Proses sterilisasi yang diklaim menggunakan teknologi penyaring terkini ternyata tidak membuat air isi ulang ini bebas dari pencemaran kuman dan bakteri.

Apabila di pasaran, AMDK galon 19 liter produksi sebuah pabrik dapat dibeli dengan harga belasan ribu maka air minum isi ulang dari sebuah depot dapat dibeli dengan rentang harga Rp. 4.000-6.000/gallon.

Selisih harga yang tinggi membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan air minum isi ulang. Benarkah air minum isi ulang aman untuk dikonsumsi dan memiliki standar higienitas yang baik layaknya hasil produksi dari sebuah pabrik.

Banyak referensi yang memaparkan bahwa air minum isi ulang justru memiliki resiko terhadap kesehatan yang tergolong tinggi. Ini semakin diperparah dengan munculnya depot air minum isi ulang abal-abal yang melakukan kecurangan dengan tidak melakukan standar proses penyaringan atau pengisian sesuai yang ditetapkan. Artinya adanya depot air minum isi ulang abal-abal akan meresahkan masyarakat dikemudian hari mengingat higienis air tidak terjamin.

Saya merangkum beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen yang saat ini masih mengkonsumsi air minum dari air isi ulang. Mobil Tangki Air Beresiko Mengkontaminasi Air

Masyarakat awam justru luput terkait hal ini. Umumnya depot air isi ulang yang berada di pinggir jalan bekerjasama dengan jasa penyedia air bersih yang mendistribusikan sumber air menggunakan mobil tangki.

Banyaknya depot air minum dituding sebagai penyebab dari semua permasalahan ini. Persaingan membuat depot air minum membuat harga semurah murahnya, sebagai akibatnya meminimalisir penggunaan sikat dan alat sterilnya

Oleh karena itu, kita boleh saja sesekali menggunakan air minum isi ulang tetapi jangan dilakukan sesering mungkin, dikarenakan dampak yang ditimbulkan oleh air yang tidak higienis tersebut.

Sebaiknya juga untuk kebutuhan sikecil, alangkah baiknya jika orang tua terlebih dahulu memasak airnya hingga matang, dikarenakan daya tahan tubuh sikecil masih lemah.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS