Maros.Sulsel – reaksipress.com – Kejaksaan Negeri Maros mengamankan Camat Simbang dan satu pegawai kecamatan usai terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) ke kantor Kejari pada Rabu,(28/08/2019).

OTT yang digelar berdasarkan laporan masyarakat bersama salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Maros yang melaporkan adanya kegiatan pungli yang dilakukan oleh salah satu pegawai di Kecamatan Simbang.

Atas laporan tersebut Tim Kejari kemudian melakukan pemeriksaan di Kantor Camat Simbang dan mengamankan SF, salah satu staf Kecamatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Intel Kejari Maros, Dhevid Setiawan. Menurut Dhevid, selain SF Kejari juga mengamankan Kepala Kecamatan selaku pimpinan dan Pejabat Pembuat Akta Tanah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Maros, Afrisal Tuasikal  menjelaskan bahwa penanganan terhadap kedua orang tersebut (SF dan MH) bermula saat pihak kecamatan berkeinginan membantu Warga pemohon BPHTB-PPH untuk penerbitan Surat Akta Jual Beli atau APBN.

“Persyaratan pembuatan (AJB) itu ada pembayaran BPHTB dan ada pembayaran PPH. Untuk memposisikan itu pihak kecamatan mematok harga tiga persen yang seharusnya pemerintah kecamatan hanya bisa mematok satu persen saja. Berdasarkan Perbub yang telah diedarkan Bupati Maros. Itulah yang kami anggap telah menyalahi aturan.’ Terang Afrisal.

Dalam operasi Tangkap Tangan, tim Kejari Maros berhasil mengamankan uang sejumlah Rp. 10.800.000, beberapa dokumen dan barang sebagai alat bukti pengembangan kasus.

Saat ini kedua terduga pungli masih dalam status terperiksa dan akan dilakukan tindak lanjut dengan berkoordinasi dengan APIP dan tim Saber. Kejari Maros Berjanji Dalam waktu 1X 24 Jam akan ada hasil dan kesimpulan mengenai kasus ini dan tindakan yang akan dilakukan nantinya

“Intinya, tindakan yang dilakukan oknum ini bertentangan dengan aturan Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.” Tutup Afrisal

Laporan Isla

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS