Beranda Berita Bupati Maros Akhirnya Penuhi Panggilan Ditreskrimsus Polda Sulsel

Bupati Maros Akhirnya Penuhi Panggilan Ditreskrimsus Polda Sulsel

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Bupati Maros, Ir. H. M. Hatta Rahman, MM., dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maros, Andi Davied Syamsuddin akhirnya memenuhi panggilan Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel pada Jum’at, (23/08/2019).

Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sulsel, Ahmad Mariadi mengatakan sebelumnya Bupati Maros telah diberikan surat pemanggilan pada Senin, namun tidak bisa hadir dengan alasan sedang berada diluar Provinsi dan baru bisa hadir pada Jum’at.

Kedatangan Bupati Maros bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup di Mapolda Sulsel untuk menjalani pemeriksaan pengambilan keterangan sebagai saksi terkait maraknya aktivitas tambang ilegal yang ada di Kabupaten Maros

Menurut Kasubdit IV Ditreskrimsus, pada kesempatan tersebut Bupati Maros menyampaikan bahwa ia berencana mencabut moratorium izin penambangan di Kabupaten Maros karena diduga menjadi penyebab munculnya aktivitas penambangan ilegal.

Pencabutan moratorium akan dilakukan dengan membuka wilayah pertambangan di Maros dengan sistem zonasi. Dengan mengatur di mana bisa dilakukan penambangan dan yang mana tidak bisa.

Dalam prosesnya dan menjadi syarat adalah pelibatan seluruh stakeholder bukan hanya Pemerintah Daerah tetapi juga Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maros dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulsel, Polres Maros serta Polda Sulsel.

“Nantinya hal ini akan difasilitasikan dalam waktu dekat. Untuk bagaimana menertibkan pertambang yang ada di wilayah Kabupaten Maros.” jelas Ahmad Mariadi.

Sementara para pelaku penambang ilegal yang ditahan akan tetap menjalani proses sesuai hukum yang berlaku dan sudah memasuki tahap penyidikan.

“Saat turun, tidak ada lagi aktivitas tambang ilegal, mungkin mereka tahu jadi tidak ada alat berat dan mobil angkutan. Waktu kita operasi yang ada hanya pekerja. Jadi kami cuma mengingatkan untuk tidak melakukan aktivitas sebelum melengkapi izin.” Tambah Ahmad Mariadi.

Lebih lanjut Kasubdit IV Ditreskrimsus itu mengatakan bahwa Tiga pelaku penambang ilegal yang berhasil terjaring dalam operasi sudah diproses dan satu pelaku telah menjadi tersangka.

Laporan : Isla

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS