Kuliner – reaksipress.com – Pulang kampung atau mudik mengasyikkan menyiapkan makanan ringan kuliner khas Sulsel, kali ini itemnya merujuk ke sanggara balanda.

Perjalanan yang lumayan jauh dan memungkinkan macet. Penganan ini tepat jadi menu perjalanan mudik, sebab bahan utamanya pisang maka mengenyangkan dan baik untuk mengembalikan stamina.

Misteri penamaan sanggara balanda sebab bahan pembuatannya terdiri dari mentega dan keju. Pada masa lalu, keju dan mentega diidentikkan dengan makanan kesukaan warga Belanda yang saat itu menjajah Indonesia termasuk seluruh daerah di Sulsel. Meski demikian sanggara balanda bukan produk Belanda, tapi murni buatan suku Bugis-Makassar di Sulsel.

Bagi yang ingin membuatnya cukup menyediakan berbagai bahan di antaranya sesisir pisang raja atau pisang tanduk yang sudah masak serta sebutir telur yang telah dikocok lepas.

Tak hanya itu, bahan lainnya yang juga turut disediakan yakni dua genggam kacang tanah kulit yang telah digoreng lalu dikuliti hingga bersih. Jangan lupa kacang tersebut dicincang hingga kecil.

Selanjutnya bahan lainnya, berupa tiga sendok makan mentega dan keju serut yang banyaknya sesuai selera serta gula pasir sekitar delapan sendok makan.

Setelah seluruh bahan terkumpul, proses pembuatannya pun dimulai. Pertama, membuat isian sanggara balanda yakni mencampurkan kacang goreng cincang bersama mentega atau keju dan gula pasir dalam satu wadah. Aduk sampai merata dan sisihkan.

Pisang yang telah dipotong kemudian digosok-gosok permukaannya dengan kulit pisang bagian dalam agar permukaannya tampak licin dan halus.

Pisang yang telah dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan itu, lalu digoreng hingga tampak berwarna kecokelatan. Setalah itu, angkat dan tiriskan.

Satu persatu pisang lalu dicelupkan ke dalam kocokan telur dan digoreng kembali. Proses penggorengan jangan terlalu lama yang penting pisangnya sudah terkena minyak.

Setelah proses itu selesai, tiap potongan pisang kemudian dibelah tengahnya (memanjang). Tapi jangan sampai pisangnya terbelah. Belah yang diinginkan setengah saja untuk isiannya.

Dalam kondisi masih terasa panas, masukkan bahan isian ke belahan pisang (sanggara balanda) tadi dan setelah itu dinginkan dan siap disantap.

Berikan Tanggapan Anda
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS