Ancam Keberadaan Situs Makam Leluhur, Warga Pattontongan Protes Aktifitas Tambang Tanah Timbunan

135
0

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Anggota Komisi I dan Komisi II DPRD Kabupaten Maros Mengelar Rapat Dengar Pendapat serta melakukan inspeksi mendadak di lokasi tambang galian golongan (C) yang ada di Tanralili, Selasa (02/07/2019)

Rapat Dengar Pendapat yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pattontongan, Kecamatan Mandai Kabupaten Maros, dihadiri H. Hasmin Badoa dari Komisi II DPRD Maros dan Amril anggota Komisi I DPRD Maros, Kapolsek Mandai, Danramil Mandai, Camat Mandai, Kepala Desa Pattontongan, serta anggota HPPMI Maros dan beberapa penambang.

Kehadiran Anggota komisi I Dan Komisi II disambut oleh beberapa tokoh masyarakat dan beberapa perwakikan pemuda Desa Pattontongan

Salah satu tokoh masyarakat, H. Sampara mengatakan menolak adanya aktivitas tambang golongan C tersebut.

“Karena dalam kawasan pertambangan itu terdapat situs makam yang dilindungi oleh masyarakat sekitar.” katanya.

H. sampara yang juga merupakan salah satu pemilik awal area tanah tersebut hanya ingin melepaskan tanah itu untuk diratakan untuk kawasan tertentu. Namun terdengar pihak penambang akan melanggar perjanjian awal

“Maka kami warga disini menolak kegiatan penambangan itu.” lanjutnya

Hampir senada, Irfan yang merupakan salah satu pemuda yang bermukin di sekitar lokasi tambang mengatakan selain mengancam keberadaan makam yang dileluhurkan oleh warga setempat, keberadaan tambang merugikan warga karena beberapa areal persawahan warga tertutupi lumpur tanah dari aktifitas tambang sehingga sulit untuk dikelola.

Laporan : Isla

Apa Komentar Anda ?
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS