Beranda Berita GP ANSOR Maros Tolak Anggaran Penelitian Membendung Sungai Majannang

GP ANSOR Maros Tolak Anggaran Penelitian Membendung Sungai Majannang

Maros.Sulsel- reaksipress.com -Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros, Abrar Rahman menolak tegas anggaran penelitian untuk membendung air di sungai Majannang sebagaimana telah disetujui DPRD bersama Pemkab Maros di APBD 2019. katanya kamis (6/12/2018).

Abrar melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Maros di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  TA. 2019, hanya menganggarkan biaya penelitian dengan opsi membendung air di sungai Majannang.

Kebijakan ini jelas menunjukkan rendahnya keberpihakan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros terhadap krisis air bersih yang setiap musim kemarau dialami masyarakat dipesisir Kecamatan Bontoa, Kab. Maros, lanjutnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maros selama ini kurang terbuka dan bahkan terkesan malas membuka ruang diskusi bersama para pakar dan peneliti air demi mencari sumber air, karena dengan forum diskusi itu tentu akan mudah merumuskan solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasi krisis air bersih, tandas Mantan Ketua Umum PB HIPMI Maros Raya ini.

Berdasarkan data yang dikemukakan PDAM Maros sendiri, bahwa debit air di Bantimurung sesungguhnya lebih dari cukup untuk dialirkan ke wilayah pesisir Kecamatan Bontoa, namun kami heran kenapa pemkab Maros tidak memilih opsi tersebut padahal jauh lebih efisien dan efektif mengatasi masalah krisis air bersih tersebut, sesungguhnya ini soal political will dan political action yang tidak ada dari pemerintah daerah, tandas Abrar.

Kita tau bersama bahwa Kabupaten Maros ini punya dua sumber air yang besar disamping juga banyak sumber-sumber air yang lain, seperti dikawasan karst Rammang-Rammang, dan gugusan karst Bantimurung-Bulusaraung, lanjutnya.

Tapi sumber air bersih yang besar ada 2, yakni dari Kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung di Kecamatan Bantimurung dan Bendungan Lekopaccing di Kecamatan Tanralili, menjadi ironis karena airnya tidak dinikmati masyarakat Maros secara optimal, Bantimurung lebih banyak dinikmati perusahan semen raksasa bernama Bosowa Semen dan perusahan tambang-tambang lain, sementara Lekopaccing sebagian besar dinikmati warga Makassar, katanya.

Hemat kami, untuk kepentingan jangka panjang maka diperlukan keberanian dan ketegasan Pemerintah Daerah dan DPRD Maros untuk mendesak perusahaan seperti Bosowa Semen untuk mencari sumber air yang lain begitupun perusahaan tambang-tambang yang lain, kata Abrar.

Demikian halnya dengan sumber air di  Lekopaccing, Pemda Maros harus terus menerus melakukan negosiasi dengan mendesak Pemerintah Kota Makassar untuk mencari sumber air bersih yang lain bagi warganya, tandasnya.

Harapannya masyarakat Maros diseluruh kecamatan bisa menikmati air bersih dengan optimal, baik untuk keperluan sehari-hari dan untuk keperluan bercocok tanam meskipun lagi musim kemarau, dan dengan begitu kesejahteraan masyarakat akan meningkat, tutupnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Maulid Nabi Di Mata Ilham Nadjamuddin

Maros.reaksipress.com - Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia, termasuk Indonesia. Di masa...

Ilham Nadjamuddin Hadiri Perayaan Maulid “Lompoa” di Tanralili

Maros.reaksipress.com - Calon wakil Bupati Maros HA Ilham Nadjamuddin, memenuhi undangan warga Dusun Billa, Desa Damai, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, dalam rangka perayaan maulid...

Diza Minta Kader SAPMA Maros Fokus Ukir Prestasi

Maros - reaksipress.com - Dialog Sumpah Pemuda yang dilaksanakan Pemuda Pancasila Kabupaten Maros dihadiri langsung oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Sulawesi Selatan, Diza...

Tumbuhkan Ekonomi Keluarga, BMH Bantu Usaha Ibu Wahyuni

Nasional - reaksipress.com - Konsistensi BMH dalam menghadirkan solusi terhadap problem masyarakat senantiasa terus dipelihara melalui berbagai program yang menyentuh langsung kehidupan dan kebutuhan...

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS