Luwu Timur.Sulsel – reaksipress.com – Gempabumi Tektonik berkekuatan 3,5 Skala Rikter (SR) mengguncang Kabuaten Luwu Timur (Lutim), Rabu 5 Desember 2018, malam sekitar pukul 21:15 WITA.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, SH, MM. Ia mengatakan bawa gempa dengan kekuatan 3,5 SR rersebut berada pada jarak 3,08 km ke arah timur laut Kecamatan Kalaena Lutim

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.5, Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.47 LS dan 120.89 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 3,08 km arah TimurLaut Kec. Kalaena Luwu Timur , Propinsi Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km,” katanya.

Joharman juga menjelasakan bahwa gema tersebut terjadi akibat aktivitas Sesar Matano. Ia juga menyebutkan sejauh ini gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Dan ia menghimabau agar masyarakat tetap tenang.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Matano. Guncangan gempabumi dirasakan di Kalaena sebesar II MMI. Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” jelasanya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS