Maros.Sulsel – reaksipress.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (PMD) Maros, gelar evaluasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) di Hotel Grand Town Mandai, Senin (24/12/2018).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut, digelar untuk Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Dana Desa (PID).

Kepala Dinas PMD Maros, Mustafa, yang membuka langsung kegiatan tersebut, dan dihadiri kepala perangkat daerah, TIK dan berbagai pihak terkait lainnya.

Rakor dan Evaluasi P2KTD tersebut juga diikuti oleh pengurus TIK perwakilan pengurus PID dan Pendamping Desa di 14 Kecamatan yang ada di Maros.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Muh Haris mengatakan, evaluasi P2KTD dan Rakor TIK PID digelar untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa.

Kegiatan tersebut juga untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia, khususnya aparatur desa dalam kemampuan tata kelola desa.

“Ada beberapa materi yang oleh narasumber yakni pelaksanaan PID khususnya bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan. Bidang pengembangan SDM,” katanya.

Selain itu, narasumber juga menyampaikan perencanaan kegiatan, pelaksanaan Program yang akan dilakukan, dan merumuskan cara menyelesaikan masalah yang muncul pelaksanaan program inovasi desa.

Menurutnya, program inovasi desa sudah sesuai dengan pembangunan Kabupaten Maros dan Nawacita Presiden RI. Membangun desa dari pinggiran.

“Program ini juga mensejahterakan warga. Tentunya tidak lepas dari dukungan, baik oleh pemerintah kabupaten, desa, maupun seluruh warga desa,” katanya.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Muhammad Aris mengatakan, program Inovasi Desa secara umum bertujuan untuk mendorong penggunaan dana yang berkualitas, efektif dan efesien.

Untuk mencapai hal tersebut, harus melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan, supaya warga lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan.

“PID ini bertujuan untuk mendorong Dana Desa, supaya bisa lebih dirasakan warga.  Desa juga harus terlibat pada peningkatan kesejahteraan dan kapasitas warga,” katanya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS