Artikel-Kesehatan- reaksipress.com -Apa yang akan terjadi ketika seorang gadis makan terlalu banyak pisang setiap harinya…, Kedengarannya seperti tagline sebuah film murahan. Tetapi dengan popularitas pisang yang luar biasa di seluruh dunia -pisang ini ditanam di 107 negara dan mewakili tanaman keempat yang paling berharga secara global- maka lebih cerdas untuk melihat lebih dalam siapa pisang dengan menggunakan kaca mata nutrisi.

Pisang penuh dengan potasium sehat, serat, vitamin C, dan B6, namun tidak disarankan untuk semua orang karena dari begitu banyak hal yang baik juga tersimpan ‘bahaya’ maka tetaplah untuk terus membaca dan mengetahui berapa banyak jumlah pisang sehingga dikatakan mengkomsusmsi pisang terlalu banyak.

#1: Kalium dalam paket lezat
 
Kalium adalah nutrisi penting yang ditemukan di setiap sel tubuh, digunakan untuk menghasilkan muatan listrik yang membuat sel berfungsi dengan benar, juga membantu menjaga detak jantung tetap stabil, memicu pelepasan insulin untuk mengontrol gula darah, dan mendukung tekanan darah yang optimal.

Orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengonsumsi antara 3.500-4.700 mg potasium per hari, tergantung pada gaya hidup dan faktor lainnya. Pisang rata-rata mengandung sekitar 450 mg nutrisi penting ini.

#2: Menjaga Tekanan Darah
 
Sebagian besar dari kita berpikir terutama tentang sodium ketika kita ingin menurunkan tekanan darah kita. Pada kenyataannya, itu adalah keseimbangan natrium dan kalium yang mendukung tekanan darah yang sehat.

Diperkirakan bahwa kurang dari 2% dari semua orang dewasa AS memenuhi asupan harian potasium yang disarankan, yang berarti bahwa keseimbangan penting ini jauh bagi sebagian besar dari kita.

#3: Menurunkan Risiko Kanker
 
Makan banyak buah dan sayuran segar menurunkan risiko kanker secara keseluruhan karena makanan ini kaya nutrisi tanpa tambahan garam yang mengganggu, gula rafinasi, pengawet kimia, dan pewarna makanan.

Pisang khususnya adalah sumber vitamin C yang baik, yang membantu untuk menghambat pembentukan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan seratnya yang tinggi juga dianggap mengurangi risiko kanker kolorektal.

#4: Meningkatkan Kesehatan Jantung
 
Sodium juga berdampak negatif pada jantung. Meningkatkan potasium sambil mengurangi sodium mungkin merupakan perubahan paling penting yang dapat Anda buat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 4.069 mg kalium per hari memiliki risiko kematian mendadak 49% lebih rendah dari penyakit jantung iskemik daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari 1.000mg. Pisang meningkatkan kesehatan jantung dengan cara lain juga: serat, vitamin C, dan B6 pada pisang sangat penting untuk jantung yang kuat.

#5: Membantu penyembuhan gangguan pencernaan

Dokter masih merekomendasikan diet BRAT (pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang) untuk penderita gangguan pencernaan.
Tidak hanya pisang relatif hambar dan mudah dicerna, juga menggantikan elektrolit penting seperti kalium yang hilang dalam jumlah besar selama serangan diare. Kandungan serat pisang juga membantu meningkatkan keteraturan.

Siapa yang Tidak Bisa Makan Pisang Setiap Hari?
 
Orang yang memakai beta blocker untuk penyakit jantung harus makan pisang dalam jumlah sedang karena beta blocker menyebabkan kadar potasium meningkat. Terlalu banyak potasium juga berbahaya bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi optimal, Juga orang sering terserang migrain agar mengurangi komsumsi pisang terlalu banyak.
 
Selain itu beberapa orang alergi terhadap pisang, sehingga timbul gejala seperti gatal, bengkak dan gatal-gatal, maka hindari sebisa mungkin.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Anda Makan Pisang Setiap Hari

Jika mengkomsumsi pisang secara berlebihan maka akan terjadi ‘Pisang Overdosis. Jumlah kalium yang disarankan dalam sehari juga bervariasi pada setiap orang, tetapi secara umum, hanya diperlukan sekitar tujuh atau delapan buah pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium tubuh kita.

Sementara terlalu banyak potasium dapat memiliki efek buruk pada jantung Anda, namun dibutuhkan sekitar 400 pisang sehari bagi orang yang sehat untuk mencapai zona bahaya itu!

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS