Artikel.Kesehatan- reaksipress.com -Jerawat adalah musuh kita bersama, sepakat ‘kan? akan tetapi bila sudah terpapar, untuk menghilangkannya dperlukan cara ekstra, apalagi bekasnya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengembalikan kulit menjadi mulus dan sempurna, namun sayangnya sebelum kulit kembali mulus, jerawat baru sudah muncul lagi.

Faktanya adalah percuma kita mengeluarkan uang dan tenaga ekstra untuk menghlangkan jerawat dan bekasnya apabila kita tidak menghilangkan enam kebiasaan yang menurut sebagian besar orang adalah sepele.

1. Memakan makanan ‘Larangan’

Makanan “larangan” itu berbeda-beda, tergantung seperti apa jenis kulitnya. Bisa jadi, pantangannya berupa makanan pedas, manis, berlemak, atau olahan susu. Makanan pedas “dilarang” karena mengandung likopen asam yang bisa membuat beberapa orang iritasi dengan cara mempengaruhi pH kulit. Salah satu dampaknya adalah kemunculan jerawat-jerawat baru.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa memicu jerawat:

makanan tinggi lemak jenuh; santan, gorengan, mie instan, serta aneka olahan daging (gajih)
makanan mengandung protein terlalu tinggi; keju dan susu kental manis
makanan manis; donat, permen dan manisan tinggi gula, dan lain-lain

2. Hobi memencet jerawat

Hal yang paling haram dilakukan ketika berjerawat adalah menyentuh wajah, apapun alasannya. Bahkan, sebelum mencuci muka kita harus memastikan tangan kita steril. Apalagi kalau kamu tak sekedar menyentuhnya, tapi juga memencetnya!

Akibatnya, bakteri yang ada dalam jerawat justru akan tertarik keluar dan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lain sehingga menambah jumlah jerawat.

3. Malas mengganti sprei dan sarung bantal

Sarung bantal kelihatannya sepele, padahal sarung bantal adalah benda yang paling dekat dengan wajah kita selama berjam-jam. Bisa dibilang, pipi kita menempel disana selama kurang lebih 8 jam. Karena itu. kebersihan sprei dan sarung bantal jadi hal yang harus diprioritaskan.

Sarung Bantal harus rajin di cuci paling tidak seminggu dua kali, atau kalau perlu di ganti tiap hari akan jauh lebih baik. Mencucinya juga harus menggunakan detergen yang ramah terhadap kulit.

4. Jarang mengganti penutup kepala atau hijab.

Semua benda yang berpotensi untuk ‘memenjarakan’ keringat dan bakteri di sekitar wajah, harus diganti secara rutin tiap hari. Khusus untuk perempuan berhijab, harus dipastikan memiliki pilihan hijab yang bisa dipakai untuk ganti-ganti.
Kolaborasi serat kain hijab, keringat dan bakteri akan menghasilkan jerawat menahun di wajahmu.

5. Menempelkan Handphone di wajah

Ponsel adalah benda dengan jumlah bakteri yang sangat besar, Bayangkan kalau bakteri-bakteri itu menempel ke kulit wajahmu lalu berpindah kesana, terutama saat menelepon. Untuk itu biasakan diri untuk menggunakan earphone saat menerima telepon, agar meminimalisir bakteri penyebab jerawat menempel!

6. Menggunakan make-up dengan serampangan

Pemilik kulit berjerawat sebaiknya jangan menggunakan bedak padat, tapi bedak tabur saja. Selain itu, kandungan yang ada di dalam kosmetik juga harus benar-benar diperhatikan. Hal terpenting lainnya, kamu juga jangan malas membersihkan make-up secara rutin. Minimal, rajin cuci muka dan membuat kulit wajahmu bernafas setiap menjelang tidur.

Selain enam hal  tadi, kita juga harus memperbaiki pola hidup, misalnya dengan mengurangi begadang, rajin keramas dan juga cuci muka.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS