Beranda Berita Uniknya Tradisi Maudu' Jolloro' Rammang-Rammang

Uniknya Tradisi Maudu’ Jolloro’ Rammang-Rammang

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Ada puluhan unit perahu digunakan oleh warga bersama wisatawan mengarak ratusan paket makanan. Makanan yang telah dikemas dalam ember plastik dan penuh hiasan itu kemudian diarak sepanjang sungai.

Pemandangan itu adalah tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang digelar di kawasan objek wisata karst Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Sabtu (24/11/2018).

Dari kebanyakan tradisi masyarakat pada umumnya, tradisi disini sedikit digelar berbeda. Paket makanan yang dikemas dan penuh dengan aneka hiasan ini tidak untuk dibawa ke Mesjid, melainkan diarak sepanjang bantaran sungai yang menjadi salah satu objek wisata dikawasan ini.

Ketua kelompok sadar wisata Rammang-Rammang Muhammad Ikhwan, mengatakan, selain dari pada bentuk kecintaan terhadap momentum kelahiran Nabi ini, juga sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Tuhan, karena sungai ini menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat selama ini.

“Syukur Allhamdulillah, selama ini sungai pute menjadi salah satu tempat pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Hari ini, kita merayakan bentuk kesyukuran tersebut dengan menikmati bersama makanan dan telur hias dengan warga, wisatawan dan semua yang hadir,” katanya.

Masyarakat setempat pun memberi nama tradisi ini sebagai “Maudu’ Jolloro’ “, yang masih tetap lestari sampai saat sekarang ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maros Kamaluddin Nur, mengatakan bahwa tradisi Maulid ini menjadi keunikan warga setempat yang tentunya menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

“Ini yang unik dari masyarakat kawasan wisata karst Rammang-Rammang, ditempat lain mungkin sudah modern, tanpa telur hias dan sebagainya. Tapi disini, makanan dibungkus dengan menggunakan daun nipa, dibungkus daun pisang dan telur dihiasi,” ujarnya.

Lanjut Kamaluddin bahwa perayaan Maulid Nabi ini telah menjadi tradisi yang setiap tahun rutin digelar masyarakat sekitar.

“Ini juga menjadi salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Maros, yang sekali setahun dilaksanakan,” tutupnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...

LBC Maros Kembali Gelar Pameran Bilah Pusaka di Rammang-rammang

Maros - reaksipress.com - Lembag Badik Celebes (LBC) Maros menggelar agenda Konservasi budaya sekaligus melakukan pengukuhan pengurus Periode 2020/2025 di Pegunungan Barakka Dusun Salenrang,...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS