Beranda Berita 556 Siswa SDN Hasanuddin Mandai Ikut Outdoor Classroom Day

556 Siswa SDN Hasanuddin Mandai Ikut Outdoor Classroom Day

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Sebanyak 556 siswa dan 30 pendidik bersama orangtua siswa turut hadir dalam gerakan belajar di luar kelas ‘out door classrom day’ yang dilaksanakan di SDN 103 Inpres Hasanuddin Mandai Maros, Kamis (1/11/2018).

Kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia ini dilaksanakan untuk memperkuat gerakan Sekolah Ramah Anak.

Guru SDN 103 Inpres Hasanuddin Mandai Maros, Edi Muliyasuci menyampaikan, kegiatan belajar di luar kelas ini diawali dengan membacakan ikrar Sekolah Ramah Anak yang dibacakan secara bersama-sama guru dan peserta didik.

“Setelah itu dilanjutkan dengan menyantikan bersama lagu Indonesia Raya 3 stanza. Kemudian dilanjutkan cuci tangan bersama dan sarapan pagi di teras kelas,” ujarnya.

Setelah itu siswa diajak ke lapangan sekolah melaksanakan kegiatan, seperti membaca buku, permainan tradisional, lagu tentang gempa serta senam germas dan yel-yel sekolah dan diakhiri dengan lagu-lagu pahlawan.

Ditambahkannya, pada hari ini juga dilantik Duta Sekolah Ramah Anak yang diketuai oleh Kepala SDN 103 Inpres Hasanuddin, Hj Nurwahida beserta para guru-guru dilantik oleh pengawas pendidikan wilayah Mandai, M Narwis.

Untuk Kecamatan Mandai, gerakan belajar di luar kelas ini dilaksanakan di 7 sekolah SD dan 2 SMP. Selain Mandai, sejumlah kecamatan di Maros juga menggelar kegiatan yang sama.

Terpisah, pengurus Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip) Maros, Ilham Halimsyah mengemukakan, gerakan belajar di luar kelas diinisasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kerlip bersama sejumlah pihak lainnya, termasuk pemerintah daerah.

“Belajar di luar kelas adalah hari untuk merayakan serta menginspirasi bermain dan pembelajaran di luar kelas. Pada 17 Mei 2018, ribuan sekolah di seluruh dunia mengadakan pelajaran di luar kelas dan memprioritaskan waktu bermain,” ungkapnya.

Berdasarkan data Kerlip pusat, sebanyak 927.395 anak dari 3.907 satuan pendidikan di seluruh Indonesia ikut bergembira merayakan kegiatan belajar di luar kelas ini. Satuan pendidikan tersebut terdiri SD, SMP dan SMA, madrasah, pondok pesantren dan PAUD.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS