Sulsel – reaksipress.com – Tana Toraja adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di daerah pegunungan yang menawarkan keindahan alam juga keunikan budaya. Puncak Sesean dengan ketinggian sekitar 2100 mdpl, menjadi objek wisata yang menawarkan pemandangan seluruh keindahan alam dan hutan di daerah Toraja yang sampai hari ini banyak dikunjungi utamanya para pendaki.

Tana Toraja juga memiliki berbagai macam budaya yang unik. Kebudayaan khas Austronesia asli. Dimana 2 diantara yang paling terkenal dan populer bagi para wisatawan adalah Rambu Solo dan Rambu Tuka.

Rambu Solo merupakan upacara adat untuk proses pemakaman orang yang sudah meninggal. Bagi masyarakat Toraja, orang yang sudah meninggal dianggap sebagai orang sakit sehingga diperlakukan seperti masih hidup dengan menyediakan berbagai jenis makanan, sirih, rokok dan sesajian lainnya.

Upacara Adat Rambu Solo membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Sebelum upacara dimulai tubuh orang yang sudah meninggal dibungkus dan ditempatkan di tongkonan. Masyarakat Toraja percaya, apabila upacara adat ini tidak dilakukan maka akan mendatangkan kemalangan kepada keluarga orang yang sudah meninggal.

Ramu Tuka atau syukuran merupakan upacara yang dijalankan untuk sebagai rasa syukur terhadap rumah atau tongkonan yang selesai direnovasi satu kali dalam 50 tahun atau 60 tahun. Kedua upacara ini dirayakan dengan diiringi oleh seni tari dan juga musik khas Toraja selama berhari-hari

Laporan : MR

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS