Beranda Berita Sudahkah Anda Terdaftar Sebagai Pemilih, Segera Cek Disini

Sudahkah Anda Terdaftar Sebagai Pemilih, Segera Cek Disini

Pangkep.Sulsel -reaksipress.com – Untuk memastikan masyarakat wajib pilih terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan,  meluncurkan program Gerakan Ketuk Seribu Pintu (GKSP), dan program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), di Monumen Bambu Runcing Pangkep, Rabu (17/10/2018).

Gerakan tersebut dilakukan dengan cara mendatangi setiap rumah warga untuk memastikan hak pilih bagi wajib pilih terakomodir khususnya disetiap desa/kelurahan.

“Untuk memastikan ke masyarakat apakah mereka sudah terdaftar, sekaligus ajakan ke tps untuk gunakan hak pilihnya 17 april mendatang”, tutur Ketua KPUD Pangkep, Burhan.

Ditambahkan Burhan, jika dalam pelaksanaan GKSP ini terdapat wajib pilih yang belum terdata , pihaknya akan melakukan kroscek segera dan perbaikan data untuk mengakomodir warga tersebut.

“Jajaran KPU, PPK dan PPS berbagi diri mendatangi pemilih, minimal seribu rumah di setiap desa dan kelurahan, selain kita ingin optimalkan pendataan dengan menyentuh langsung ke rumah warga, juga untuk melindungi hak pilih warga,” tambahnya.

Program GKSP dimulai sejak tanggal 1 Oktober dan akan dilaksanakan hingga 28 Oktober mendatang. Sesuai data KPUD Pangkep sendiri, saat ini DPT di Kabupaten Pangkep, berjumlah 217.562 jiwa

Selain program GKSP  dan Program GMHP KPUD Pangkep juga memperkenalkan Aplikasi cek data pemilih bagi warga yang Ingin tahu apakah Anda sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 via HP maupun PC dan Laptop

Berikut langkah-langkahnya:

1. Di halaman awal portal https://sidalih3.kpu.go.id, pemilih diminta untuk memilih provinsi tempat mereka tinggal. Pilih provinsi sesuai dengan tempat tinggal di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Setelah kolom provinsi terisi, pemilih diminta untuk memasukkan kabupaten/kota domisili. Pilih kabupaten/kota domisili sesuai dengan tempat tinggal di KTP.

3. Selanjutnya, isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam KTP di kolom ‘NIK’ yang terletak di bawah kolom kota/kabupaten. Pastikan, setiap angka yang dimasukkan sudah benar.

4. Lalu, ketik nama di kolom ‘Nama’ yang letaknya di samping kolom ‘NIK’. Masukkan nama lengkap sesuai dengan yang tertera dalam KTP.

5. Terakhir, klik ikon ‘cari pemilih’ yang ada di sebelah kanan kolom ‘Nama’.

Setelahnya, akan tertampil apakah pemilih sudah terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 atau belum. Jika sudah, portal akan menampilkan nama, NIK, TPS, jenis kelamin, kelurahan, kecamatan, kabupaten, dan provinsi pemilih.

Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar. jika terjadi kekeliruan data maka segera laporkan pada KPU setempat untuk segera dilakukan perbaikan.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

LBC Maros Kembali Gelar Pameran Bilah Pusaka di Rammang-rammang

Maros - reaksipress.com - Lembag Badik Celebes (LBC) Maros menggelar agenda Konservasi budaya sekaligus melakukan pengukuhan pengurus Periode 2020/2025 di Pegunungan Barakka Dusun Salenrang,...

KPK Minta Bawaslu Usut Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Maros.reaksipress.com - Sebuah foto beredar menunjukkan beberapa orang yang berswafoto dengan mengangkat 3 jari sebagaimana simbol dukungan untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 3. Foto...

Solusi Cerdas Maros Unggul Atasi Kesenjangan Pembangunan

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon bupati dan wakil bupati maros nomor urut 3 Andi Harmil Mattororang-Andi Ilham Nadjammuddin, memaparkan solusi cerdas dalam mengatasi kesenjangan pembangunan...

Chaidir Syam Tidak Bisa Menjawab Saat Ditanya Soal Ini Oleh Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Chaidir Syam sama sekali tidak berkutik saat ditanya apakah ada keterlibatan dari wakil Bupati Maros HM...

Chaidir Syam Apresiasi Pembangunan Infrastruktur di Masa Kepemimpinan Hatta-Toto

Maros.reaksipress.com - Disesi debat publik kandidat pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Maros 2020, paslon Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memberikan apresiasi kepada pembangunan infrastruktur...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS